LINGKAR BANYUMAS

Kader Bina Keluarga Balita se-Kecamatan Sumbang Ikuti Bintek

Ardi Riyanto, Suara Purwokerto |
Kader Bina Keluarga Balita se-Kecamatan Sumbang Ikuti Bintek

Kader Bina Keluarga Balita se-Kecamatan Sumbang Ikuti Bintek

Suara Purwokerto - Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlingungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten Banyumas melalui PLKB Kecamatan Sumbang mengadakan Pelatihan Kader Kelompok Bina Keluarga Balita Se-Kecamatan Sumbang. Pelatihan dilaksanakan Selasa-Rabu (30-31/10) di Aula Balai Desa Sumbang dan dibuka oleh Camat Sumbang Drs Nungky Harry Rachmat, M.Si. Peserta pelatihan terdiri dari 80 orang yang berasal dari 19 kelompok BKB di Kecamatan Sumbang.

Koordinator PLKB Kecamatan Sumbang Yuliani, SH mengatakan keluarga mempunyai peranan sangat penting dalam pengasuhan dan pembinaan tumbuh kembang anak, mengingat keluarga merupakan wahana pertama dan utama bagi kehidupan anak. Potensi yang dimiliki seseorang akan mencapai kondisi optimal apabila mendapat pengasuhan yang tepat sesuai dengan tahapan usianya. 

“Salah satu upaya untuk meningkatkan pengetahuan keluarga dalam pengasuhan dan pembinaan tumbuh kembang anak dilakukan melalui Program Ketahanan Bina Keluarga Balita dan Anak, yang diwadahi dalam kelompok kegiatan Bina Keluarga Balita (BKB),” katanya

Pada hari pertama pelatihan, dimulai dengan kegiatan cuci tangan pake sabun (CTPS) yang di pandu oleh Tim Puskesmas 2 Sumbang, sekaligua memperingati hari cuci tangan sedunia. Dilanjutkan materi Pola Asuh yang Mendukung Pembentukan Karakter Anak, Peran PKK dalam Program BKB, Materi Menjadi Orang Tua Hebat Dalam Mengasuh Anak dengan pemateri Ibu Puji dari UPK, Materi Tumbuh Kembang Anak dengan pemateri Drs Tipuk Endah Lestari dan Administrasi BKB oleh Ketua TP PKK Sumbang Evi Rosmayanti Nungky Harry Rachmat.

Materi kegiatan di hari kedua disampaikan materi mengenai Rencana Kerja Tindak Lanut (RTKL) dan Outbond. Kegiatan ini untuk membangun kebersamaan dan kekompakan antar kelompok BKB

“Untuk memberi semangat peserta outbond, disediakan doorpraize utk regu terbaik 2 s/d 4,” tambah Yuliani

Editor: Parsito