LINGKAR BANYUMAS

RT 04/RW 01 Kelurahan Pabuaran Maju Lomba Tingkat Provinsi

Parsito, Suara Purwokerto |
RT 04/RW 01 Kelurahan Pabuaran Maju Lomba Tingkat Provinsi

RT 04/RW 01 Kelurahan Pabuaran Maju Lomba Tingkat Provinsi

Suara Purwokerto - Pada era sekarang didaerah perkotaan Pemanfaatan Tanah Pekarangan (PTP) sudah jarang terlihat. Selain luasan tanah yang sempit, tetapi juga adanya kesibukan warganya. Hal tersebut tidak berlaku bagi warga Kelurahan Pabuaran Kecamatan Purwokerto Utara khususnya di RT 04 RW 01. Disekitar wilayah RT tersebut terlihat halaman yang asri, teratur, indah dan nyaman.

Kepala Kelurahan Pabuaran Sudiyanto mengatakan pemberdayaan masyarakat melalui program PKK agar masyarakat dapat memanfaatkan pekarangan dapat diterima baik oleh warganya. Selain untuk keindahan juga untuk menutupi kebutuhan setiap hari khususnya tanaman sayuran dan buah. Berkat ketekunan warga, RT tersebut menjadi Juara Lomba PTP Hatinya PKK Tingkat Kabupaten Banyumas dan berhak maju lomba tingkat provinsi.

"Program PKK dalam hal Pemanfaatan Tanah Pekarangan (PTP) menjadi HATINYA PKK, yaitu singkatan dari Halaman, Asri, Teratur, Indah, dan NYAman menjadi salah satu program penting dalam menanggulangi kebutuhan ekonomi keluarga," katanya

Melalui kegiatan tersebut, diharapkan warga mau memanfaatkan tanah pekarangannya untuk menanam berbagai sayuran seperti kangkung, cabe, bayam, sawi, dll. Selain itu, tanah pekarangan yang masih kosong juga dapat dimanfaatkan untuk memelihara ikan baik kolam terpal, kolam galian tanah, ataupun kolam beton permanen.

"Tanaman obat (TOGA) seperti kunyit, jahe, jeruk nipis dan tanaman empon-empon lainnya juga bermanfaat," tambah Sudiyanto

Selainitu warga juga sudah mampu memanfaatankan sampah organik dari dedaunan yang ada dibuat kompos organik dan sebagai media tanam.

Salah seorang warga Sarjo Warsito mengaku menanam berbagai sayuran dan tanaman obat karena bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari hari.

"Setiap hari masak tidak perlu belanja karena sudah terpenuhi dari kebun sendiri, dan masih segar," katanya

Parsito

Editor: Andy Ist Merdeka