Lingkar Banyumas

Tradisi Sarapan Bersama Warga RT 05/ RW 02 Desa Saudagaran Berlanjut

Minggu, 21 Oktober 2018 11.32

Tradisi Sarapan Bersama Warga RT 05/ RW 02 Desa Saudagaran Berlanjut

Suara Purwokerto - Semangat warga Rt 05/ Rw 02 Desa Saudagaran Kecamatan Banyumas yang melaksanakan kerja bakti rutin setiap minggu patut dicontoh. Meski telah meraih juara 1 lomba Lingkungan Bersih dan Sehat tingkat propinsi,  masyarakat tetap melakukan kerja bakti seperti yang terlihat Minggu (21/10) dilingkungan RT setempat.

Umul Husna Ibu ketua RT 05 mengatakan setelah sekian waktu bekerja bakti lingkungannya memiliki tradisi baru yaitu sarapan bersama. Menurutnya semula kegiatan utama adalah kerja bakti untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih dan sehat.  Setelah kerja bakti selesai,  seluruh warga sarapan bersama.

"Setelah berjalan cukup lama sarapan bersama selalu ditunggu oleh warga, dan menjadi tradisi yang selalu dinanti," katanya

Ketua Tim Penggerak PKK Desa Saudagaran Sri Sabarti mengaku senang dengan budaya hidup bersih dan sehat yang dilakukan warganya.

"Mendapatkan kejuaraan itu lebih mudah daripada mempertahankan kejuaraan itu. Oleh karena itu saya mengajak masyarakat untuk selalu menjaga lingkungan bersih dan sehat.  Supaya semangat,  maka setelah kerja bakti kita sarapan bersama,"  katanya. 

Istrikepala desa itu mengatakan sarapan bersama (saber) bermanfaat untuk melestarikan tradisi budaya bangsa berupa gotong royong dan juga menjalin silahturahmi antar warga.

Salah satu warga Bu Wawan   mengaku senang sekali dengan adanya kegiatan Saber. Selain lingkungan menjadi bersih,  juga sebagai sarana refreshing yang murah meriah,  sarapan bersama terasa lebih nikmat sambil menikmati lingkungan bersih dan asri. 


"Lingkungan bersih dan sehat adalah sumber kesehatan masyarakat, ini tanggungjawab bersama warga," katanya

Atun Flurrianti, S.Pd

Penulis: Atun Flurrianti, S.Pd

Editor: Andy Ist Merdeka

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX