Lingkar Banyumas

Pramuka Peduli Banyumas Bantu Droping Air Ke Wilayah Kekeringan

Kamis, 18 Oktober 2018 22.41

Pramuka Peduli Banyumas Bantu Droping Air Ke Wilayah Kekeringan

Suara Purwokerto - Musim kemarau yang sudah berlangsung tiga bulan lebih, mengakibatkan krisis air bersih dibeberapa desa di Kabupaten Banyumas. Dalam waktu tiga hari terakhir Pramuka Peduli Banyumas membantu melakukan droping air bersih ke 10 desa di 3 kecamatan.

Ketua Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas Heriana Ady Chandra mengatakan, sejak Selasa (16/10) hingga Kamis (18/10) berhasil membantu warga di 10 titik yang disuplai air bersih, yaitu Desa Buniayu dan Desa Plangkapan Kecamatan Tambak, Desa Karanggedang, Desa Kemiri dan Desa Selandaka Kecamatan Sumpiuh serta Desa Tlaga, Karangkemojing, Gumelar, Kedungurang dan Desa Cilangkap Kecamatan Gumelar.

Ady menambahkan dalam kegiatan ini Pramuka Peduli berkoordinasi dan bekerja sama dengan BPBD Kabupaten Banyumas, Tagana dan Komunitas Sosial lainnya.

"Kami berbagi tugas dan berkoordinasi dengan BPBD untuk memberikan bantuan air bersih. Sehigga tidak terjadi miss komunikasi di Lapangan. Skemanya adalah kami memberikan bantuan Operasional untuk BBM kendaraan dan mesin, sedangkan kendaraan dari Dinsospermasdes Kabupaten Banyumas melalui Tagana. Meskipun kapasitas kecil, namun tetap maksimal untuk dropping air bersih," jelasnya


Sementaradi wilayah paling barat Kabupaten Banyumas, tepatnya di Kecamatan Gumelar, dropping air bersih  dilakukan oleh Unit Pramuka Peduli Kwartir Ranting Gumelar.

AryantoUnit Pramuli Gumelar mengatakan pihaknya menggunakan Water Turn yang diangkut dengan Truk.

"Di tempat kami tidak menggunakan Truk Tangki air karena memang tidak ada dan keterbatasan tangki dari BPBD. Sehingga kami menggunakan sarana yang ada, namun kami tidak merasa terhalang dengan hambatan yang ada. Kendala kami adalah kurangnya Water Turn untuk menampung air dilokasi yang kami dropping air, dan kami juga belum memiliki mesin Sedot air, sehingga sementara kami meminjam sana sini agar kami dapat membantu masyarakat" terang Aryanto

Menurut Aryanto kegiatan ini dapat terlaksana berkat kerjasama dengan Gusase, Lowo Ireng Gumelar, RAPI Gumelar dan komunitas lainnya.

"Kami berkoordinasi dan berkomunikasi dengan komunitas tersebut untuk pembagian air bersih sehingga merata dan tidak menumpuk dalam satu desa" tutur Aryanto.

Ady Chandra mengatakan saat ini banyak  masyarakat yang membutuhkan air bersih. Untuk itu dia mengetuk agar Pramuka Peduli Kwartir Ranting yang belum menunjukan geliat kegiatan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.   Momentum ini dapat digunakan untuk berbagi dan berbakti , seiring dengan perwujudan Tri Satya yakni ikut serta mempersiapkan diri dan membangun masyarakat dan menepati Dasa Darma.

"Jadi bukan sekedar kegiatan sosial seremonial saja," katanya

Parsito

Penulis: Parsito

Editor: Andy Ist Merdeka

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX