LINGKAR BANYUMAS

Pramuka SDN 3 Pasinggangan Membantu Panen Kacang Hijau

Atun Flurianti, S Pd, Suara Purwokerto |
Pramuka SDN 3 Pasinggangan Membantu Panen Kacang Hijau

Pramuka SDN 3 Pasinggangan Membantu Panen Kacang Hijau

Suara Purwokerto - Dalam rangka menerapkan pendidikan karakter sosial dan saling tolong menolong serta peduli dengan lingkungan sekitar, pembina Pramuka SD Negeri 3 Pasinggangan Kecamatan Banyumas mengajak anak didiknya membantu petani memanen kacang hijau di sawah, Kamis (4/10).

KetuaMabigus Juwarni, S.Pd menjelaskan bahwa tujuan dari kegiatan ini sebagai penyegaran baik jasmani maupun rohani setelah mereka mengikuti UTS sekaligus menerapkan pendidikan karakter sosial saling tolong menolong dan peduli dengan lingkungan sekitar.

"Posisi sekolah yang dikelilingi sawah sangat mendukung kegiatan ini.  Ladang kacang hijau yang siap panen ini terletak persis di depan gedung sekolah," katanya

Juwarni mengajak anggota Pramuka tidak malu menjadi petani. Namun harus menjadi petani muda yang kreatif dan inovatif.

"Petani yang dididik melalui Pramuka harus menciptakan kreasi dalam mengolah Sumber Daya Alam yang ada," jelasnya

Ritampemilik ladang mengaku senang sekali dibantu memanen kacang hijau oleh para anggota pramuka.

"Kalau saya panen sendiri biasanya 2 hari baru selesai.  Karena dibantu anak-anak sepertinya hari ini saya bisa selesai panen dalam sehari," katanya. 

Ais Rofi Amalia dan Ulfa Dwi Latifah anggota pramuka penggalang mengatakan senang sekali mengikuti pembelajaran di luar kelas kali ini.  Bagi mereka ini adalah pertama kalinya memanen kacang hijau. 

Halyang sama juga dikatakan Azis Zulfar Fakih yang mengatakan merasa senang sekali walau tangannya terasa gatal setelah mengikuti kegiatan ini.

"Sering melihat tetapi belum pernah melakukan. Pengalaman yang luar biasa, walaupun gatal tapi senang bisa membantu tetangga yang panen," jelasnya

AtunFlurianti, S Pd

Editor: Parsito