Lingkar Banyumas

Ribuan Obor Meriahkan Pawai Taaruf di Rempoah

Sabtu, 29 September 2018 01.30

Ribuan Obor Meriahkan Pawai Taaruf di Rempoah

Suara Purwokerto - Dalam rangka memeriahkan Tahun Baru Islam 1440 Hijriah dan sedekah bumi, Pemerintah Kabupaten Desa Rempoah Kecamatan Baturraden Kabupaten Banyumas menggelar Pawai Taaruf dan Gelar Seni Budaya, Jumat malam 28 September 2018. Pawai dimeriahkan dengan ribuan obor yang dibawa oleh peserta.

Pawai taaruf dilepas oleh  Kepala Desa Rempoah Sugeng Pujiharto dari lapangan desa dilanjutkan melewati jalan-jalan desa. Para peserta menampilkan atraksi, tak sedikit dari peserta yang menyemburkan minyak dari mulutnya ke nyala api obor, sehingga menimbulkan kobaran, seolah api keluar dari dalam mulut bak semburan api naga.

Arak-arakan pawai obor dan seni budaya serta sebagian perserta membawa gunungan dari hasil pertanian sebagai simbol rasa syukur atas hasil pertanian sebagai sedekah bumi. Setelah keliling kampung peserta kembali finish di lapangan desa. 

Ketua Panitia kegiatan, Ragil Wahyutomo menjelaskan, peringatan Tahun Baru Islam di Desa Rempoah setiap tahunnya semakin meningkat.

"Alhamdulillah, malam ini ada ribuan peserta yang mengikuti pawai ta'aruf. Mereka tergabung dalam 40 kelompok, dimana satu kelompok berasal dari perwakilan RT," jelas Ragil.

Dalam pawai malam ini, peserta juga ada membawakan seni budaya islam seperti musik dan lagu hadroh maupun rebana serta kentongan. 

Acara diakhiri dengan tahlil dan doa yang dilanjutkan makan bersama.

Penulis: Parsito

Editor: Andy Ist Merdeka

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX