Lingkar Banyumas

Karangtaruna Pangebatan Mendeklarasikan Gerakan Anti-Hoax

Minggu, 23 September 2018 17.24

Karangtaruna Pangebatan Mendeklarasikan Gerakan Anti-Hoax

Suara Purwokerto - Karangtaruna Kamandaka 2 Desa Pangebatan Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas mendeklarasikan gerakan anti-hoax Minggu (23/09) di Balai Desa setempat. Deklarasi dipimpin oleh Dwi Listyanto, seusai pelatihan jurnalistik yang menghadirkan narasumber Patsito dari Bagian Humas dan Protokol Pemkab Banyumas.

KasiKesejahteraan Rakyat (Kesra) Desa Pangebatan Santi Herlina mengatakan pihak pemerintah desa terus mendorong kegiatan generasi muda melalui karangtaruna. Ide deklarasi anti hoax lahir sebagai bentuk keprihatinan pengurus karang taruna atas banyaknya oknum yang menyebarkan informasi-informasi meresahkan bagi masyarakat.

"Kami selaku aparat pemerintah desa selalu mendukung kegiatan positif  yang dilakukan oleh  karangtaruna," katanya

DwiListyanto usai memimpin deklarasi mengatakan sebagai anggota karangtaruna sudah sewajarnya menjadi pelopor gerakan anti hoax. Deklarasi anti-hoax dilakukan menyusul banyaknya berita bohong yang menimbulkan terpecahnya persatuan dan persaudaraan.

"Kami pengurus dan anggota karangtaruna Kamandaka 2 Pangebatan menolak segala bentuk berita bohong yang menimbulkan rasa kebencian, permusuhan berlatar belakang suku, agama, ras dan antar golongan,"  katanya

Antomengungkapkan deklarasi ini perlu dilakukan agar masyarakat tak termakan informasi hoax yang mudah berkembang melalui media sosial (medsos).

"Dengan era teknologi, kita enggak bisa membendung. Tapi paling tidak menyaring kebenaran dari suatu informasi," tegasnya

Antomenambah poin-poin deklarasi anti hoax antara lain karangtaruna menolak segala bentuk berita bohong yang menimbulkan rasa kebencian, permusuhan berlatar belakang suku, agama, ras dan antar golongan. Akan menyampaikan berita yang benar sesuai fakta yang terjadi, tidak menyebarkan berita hoax dan fitnah.

"Serta akan menggunakan media sosial secara bijak, santun dan cerdas," pungkasnya

HeriSetiawan

Penulis: Heri Setiawan

Editor: Andy Ist Merdeka

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX