Lingkar Banyumas

Workshop Kehumasan Pramuka Sajikan Nasi Nyangku

Sabtu, 22 September 2018 22.47

Workshop Kehumasan Pramuka Sajikan Nasi Nyangku

Suara Purwokerto - Ada yang beda pada kegiatan workshop kehumasan yang digelar oleh Bidang Humas dan Abdimas Kwarcab Banyumas. Selain bertempat di Gedung DPRD Banyumas makanan yang disajikan pun unik yaitu nasi nyangku.

WakilKetua Bidang Humas dan Abdimas Agus Nur Hadie mengatakan pihaknya sengaja menyajikan nasi nyangku, mengingat nasi nyangku yang pernah menjadi tradisi itu mulai ditinggalkan. Selain itu daun nyangku punya peranan penting dan nilai historis sebagai alat pembungkus, sebelum digusur oleh plastik dan kertas.

"Nasi nyangku biasanya terdiri dari nasi putih dengan sayur oseng daun pakis atau kulit melinjo, sambal dan teri atau ikan asin, tetapi bisa juga pesan sesuai dengan selera" kata Agus.

Agussangat mengapresiasi Pokdarwis yang terdiri orang-orang yang kreatif, inovatif, dan berani untuk menginisiasi masyarakat lainnya untuk kembali mempopulerkan nasi nyangku.

"Kami ikut mendukung kreasi mereka dengan cara memesan nasi nyangku. Selain untuk menjaga tradisi yang pasti nyangku ramah lingkungan,” katanya

KhalimatulAliyan dari Saka Bakti Husada mengaku belum pernah melihat nasi nyangku.

"Bentuk kemasannya unik, membuat penasaran. Walaupun menu hampir sama tetapi sensasinya luar biasa. Semoga terus bisa dilestarikan," katanya.

Hal yang sama disampaikan Anggoro Wicaksono dari SMK Bina Taruna Purwokerto dan Endang Ngudi Haryati dari SDN 1 Saudagaran yang mengaku belum pernah melihat nasi nyangku. Keduanya menilai nasi nyangku unik dan antik.

"Semoga nasi nyangku sebagai salah satu makanan khas Banyumas akan kembali di kenal," kata Endang

Penulis: Parsito

Editor: Andy Ist Merdeka

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX