Lingkar Banyumas

Kwarcab Banyumas 31 Kali Tergiat Tingkat Jateng Sejak 1988

Jumat, 21 September 2018 17.02

Kwarcab Banyumas 31 Kali Tergiat Tingkat Jateng Sejak 1988

Suara Purwokerto - Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Banyumas kembali mempertahankan predikat penghargaan tergiat di Tingkat Kwarda Jateng untuk ke 31 kalinya sejak tahun 1988. Penghargaan tersebut diserahkan pada pada Apel Besar Hari Pramuka ke - 57 dan Penutupan Perkemahan antar Saka (Peransaka) ke - 7, Jumat (21/9) di Bumi Perkemahan Martoloyo Desa Suniarsih Kecamatan Bojong Kabupaten Tegal.

Assisten Ekonomi Pembangunan Ir Didi Ridwianto SH M Si mendapatkan kesempatan pertama penerimaan tunggul tergiat Bidang Bina Muda yang diserahkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pramowo, SH, MP bersama dengan Pengurus Kwarnas. Kemudian diikuti Ketua Kwarcab Drs Achmad Supartono MSI menerima tunggul tergiat Bidang Organisasi dan Hukum, Kemudian Adi Suroso, S.Pd menerima tunggul tergiat Bidang Binawasa, Agung Pujatman SE menerima tunggul tergiat Bidang Keuangan, Usaha dan Sarpras serta Agus Nurhadi S.Sos M.Si menerima penghargaan  bidang Humas dan Abdimas.

Ketua Kwarcab Banyumas Achmad Supartono prestasi yang diraih tahun ini terbaik selama lima tahun terakhir. Banyumas mendapatkan 5 tunggul sama seperti tahun sebelumnya kali ini yang menjadi tergiat I sebanyak 4 bidang dan satu bidang menjadi tergiat II.

“Sangat memuaskan kita mendapatakan 5 tunggul dengan perincian tergiat I sebanyak 4 bidang yaitu Bidang Binawasa, Orhum, Keuangan dan Sarana prasarana, serta Bidang Humas dan Abdimas. Sedangkan untuk Bidang Binawasa menjadi tergiat 2,” katanya

Partono menambahkan, walaupun juara bukan tujuan akhir dari pendidikan dan pelatihan pramuka, tetapi itu bukti pembinaan pramuka di Banyumas sangat baik dan membanggakan. Presatsi ini menurutnya diraih bukanlah kerja keras pengurus kwarcab saja tetapi juga sumbangsih pramuka dari semua jajaran dan masyarakat Banyumas.

“Kami berterima kasih kepada semua pihak, kepada kakak-kak di jajaran mabicab, mabiran, kwaran, mabigus, racana, adik-adik DKC dan DKR, serta pegiat dan simpatisan pramuka Banyumas atas dukungan, dedikasi dan loyalitas dalam kegiatan kepramukaan. Kita masih punya pekerjaan rumah untuk terus membangun karakter generasi muda dengan membekali dengan soff skill, hard skill, dan life skill. Optimis hal itu akan dapat terwujud dengan komitmen kita semua untuk memperhatikan kader bangsa di Indonesia umumnya dan Banyumas khususnya” tambah Supartono

Selain menerima tunggul tergiat Kwarcab Banyuma juga memperoleh penghargaan Eagle Scout Award Tingkat Jateng, atas nama Siva Asni Aulia menjadi Garuda Siaga Tergiat tingkat Jateng. Siva adalah pramuka Siaga dari SD N 1 Sambirata Kecamatan Cilongok.

Tidak hanya itu, prestasi luar biasa juga diraih oleh Kontingen Peransaka Kwarcab Banyumas, dimana upacara penutupan perkemahan antar saka, yang dilakukan bersamaan dengan apel tersebut Kwarcab Banyumas mendapat penghargaan terbanyak sebanyak 4 piala. Kontingen yang beranggotakan 24 anggota dari berbagai saka itu mendapatkan penghargaan terbanyak dari semua kontingen se Jawa Tengah.

“Piala tersebut diraih memalui pemilihan duta Peransaka putra menjadi Juara I, sedangkan duta putrinya menjadi Juara 2. Kemudian kreasi makanan sehat juara 1 dan kreasi daur ulang putra  Juara 2,” tambah Partono

Parsito

Penulis: Parsito

Editor: Andy Ist Merdeka

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX