LINGKAR BANYUMAS

Fakrudin dan Azzahra Terpilih Menjadi Pratama SMPN 1 Purwokerto

Parsito, Suara Purwokerto |
Fakrudin dan Azzahra Terpilih Menjadi Pratama SMPN 1 Purwokerto

Fakrudin dan Azzahra Terpilih Menjadi Pratama SMPN 1 Purwokerto

Suara Purwokerto - Fakrudin Firmansyah dan Azzahra Quena terpilih menjadi Pratama Gugus Depan 02.454 02.455 Pangkalan SMP Negeri 1 Purwokerto pada pemilu sekolah Rabu (12/9) di Halaman Sekolah  setempat. Mereka berdua mengungguli kandidat lain dimana Fakrudin memperoleh 162 suara dan Azzahra memperoleh 150 suara dari 740 pemilih. Pada pemilu Pratama tersebut terdapat 7 calon.

Pemilihyang terdiri dari siswa, guru dan karyawan secara bergantian berbondong-bondong mendatangi tempat pemungutan suara. Mereka melakukan pemilihan langsung untuk memilih ketua pratama pramuka masa bakti 2018/2019 yang dilakukan bersamaan dengan pemilihan ketua Osis.

Terlihatdibeberapa titik panitia pemungutan suara (PPS) yang terdiri pengurus Osis dan Pramuka melaksanakan tugasnya, ada yang bertugas sebagai seksi pendaftaran, ketua PPS, seksi keamanan, penjaga bilik suara, penjaga kotak suara, petugas tinta usai memilih dan sebagainya. 

PembinaPramuka Sapto Sri Nugroho mengatakan Pemilu dilaksanakan setelah melalui berbagai proses. Mulai penjaringan calon, penetapan calon, kampanye sampai pemilu.

Menurutnyapemilu merupakan pengenalan pendidikan demokrasi bagi siswa ini merupakan langkah awal mempersiapkan calon pemimpin masa depan bangsa ini, setidaknya banyaknya calon pemimpin ke depan yang kaya akan pengalaman mulai dari jenjang sekolah. Menurutnya demokrasi perlu dipraktikkan sejak dini, mulai dari jenjang sekolah. Siswa akan belajar berdemokrasi bagaimana memilih seorang pemimpin secara demokratis, sebagai suatu proses pembelajaran untuk memberi pengalaman kepada siswa

"Setelah terpilih calon Pratama harus melewati beberapa langkah antara lain mengikuti kemah bakti, melengkapi kepengurusan, pendidikan dan pelatihan dewan penggalang baru dilantik menjadi Pratama bersama dewan penggalang yang lain.

Parsito

Editor: Andy Ist Merdeka