LINGKAR BANYUMAS

Vallen, Duta Genre Banyumas Maju Tingkat Nasional

Parsito, Suara Purwokerto |
Vallen, Duta Genre Banyumas Maju Tingkat Nasional

Vallen, Duta Genre Banyumas Maju Tingkat Nasional

Suara Purwokerto -Valen Hadi Putri, duta generasi berencana (Genre) Banyumas jalur pendidikan, siap mengikuti Pemilihan Duta Genre Tingkat Nasional setelah mereka sukses pada kegiatan yang sama di tingkat Jawa Tengah. Valen akan maju bersama Aga Fitra Safawi duta genre Kabupaten Wonosobo untuk jalur pendidikan pada even yang akan digelar pertengahan bulan Oktober mendatang.

Kepala Bidang Keluarga Berencana, Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga pada Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPKBP3A) Diah Pancasilaningrum mengaku sangat bersyukur Duta Genre Banyumas untuk jalur pendidikan menjadi juara di Jawa Tengah pada lomba yang digelar pekan lalu.

“Vallen yang menjadi Juara I dan Galih Yoga Saputra menjadi Juara II. Vallen Mahasiswa Unsoed, sebagai Juara I berhak mewakili Jawa Tengah maju lomba tingkat nasional,” katanya

Menurut Diah kegiatan program Genre menitikberatkan pada promosi pendewasaan usia perkawinan, penyediaan informasi kesehatan reproduksi seluas-luasnya melalui PIK remaja/mahasiswa, serta promosi perencanaan kehidupan berkeluarga yang dikemas dalam bentuk sosialisasi program yang ramah remaja, dari, oleh, dan untuk remaja.

Duta Genre ini diharapkan menjadi duta untuk teman sebaya dalam hal konseling dan sosialisasi program, karena dengan usia sebaya, bisa lebih mengena dibandingkan orang tua yang memberikan nasihat. Dengan peserta pemilihan Pilihan Duta Genre yaitu remaja yang berusia usia 16 tahun hingga 22 tahun, diharapkan dapat menjadi salah satu upaya dari BKKBN untuk menyiapkan kehidupan keluarga bagi remaja agar mampu melangsungkan hidup secara terencana baik itu pendidikan, pekerjaan, serta rencana berkeluarga yang juga terencana.

"Dengan talenta yang dimiliki mereka bisa melakukan sosialisasi mengenai generasi emas yakni remaja yang bebas narkoba, memiliki pola hidup sehat, memiliki cita-cita tinggi, aktif di masyarakat, dan memiliki perencanaan dalam berkeluarga," tambahnya.

Saat dihubungi Rabu pagi (12/9), Vallen mengaku saat ini dirinya sedang dan terus menggencarkan sosialisasi program genre secara menyeluruh ke tiap instansi pendidikan di Banyumas serta menjalankan tugasnya menjadi Duta Genre Jawa Tengah. Terakit dengan persiapan pada pemilihan duta genre tingkat nasional, mahasiswa tingkat 3 Fakultas Hukum Universitas Jenderal Soedirman itu mengaku siap dan optimis bisa mengharumkan Jawa Tengah dan Banyumas.

“Saya mendapat dukungan dari berbagai pihak, saya harus melakukan yang terbaik untuk mereka,” katanya

Prestasi Puncak Duta Genre pernah diraih Banyumas, pada pemilihan tingkat nasional terjadi pada tahun 2011. Ginanjar Agung Wahyu Santosa Mahasiswa Universitas Jenderal Soerdirman sebagai Duta Banyumas berhasil menjadi Duta Genre Jawa Tengah dan Nasional pada saat itu

Parsito

Editor: Andy Ist Merdeka