Lingkar Banyumas

Karnaval Kreasi Pramuka Banyumas Meriah

Senin, 10 September 2018 14.22

Karnaval Kreasi Pramuka Banyumas Meriah

Suara Purwokerto - Karnaval kreasi pramuka yang digelar Kwartir Cabang (Kwarcab) Banyumas Sabtu (8/9) meriah. Ribuan orang menunggu disepanjang rute, menanti penampilan kreasi anak anak pramuka dari 27 Kwartir Ranting.

Karnaval yang dikomandani oleh Agus Nur Hadie itu, digelar dalam rangka Hari Pramuka ke 57 dan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke 73 Republik Iindonesia melibatkan lebih dari 3000 Pramuka, dari tingkatan penggalang, penegak, pandega dan pembina. Hentakan Drumband Gema Samudra Pramuka SMK SPM Nasional Purwokerto mengawali rombongan karnaval.

Ketua Kwarcab Banyumas Achmad Supartono mengatakan karnaval menampilkan berbagai ketrampilan Pramuka mulai dari pinonering, senam semaphor, senam tongkat, senam lantas, seni tradisional, Lengger, kentong mampu dikuasai dengan baik oleh anak anak Pramuka. Peserta diberangkatkan dari Gedung Bisokop Rajawali dan finis dialun alun Purwokerto.

"Pada karnaval ini pramuka bukan sekedar baris berbaris tetapi juga menampilkan berbagai kecakapan yang dimiliki melalui life skillnya. Kwarran Sokaraja menampilkan karya batik dari Pramuka SMAN Sokaraja, Kalibagor menampilkan payung, beberapa Kwarran menampilkan busana berbahan limbah dan lainnya," katanya.

Partono mengaku senang dan bangga, forum pimpinan Kecamatan yang terdiri dari Camat, Danramil dan Kapolsek mengikuti karnaval bersama sama. Sebagian melibatkan kepala desa.

Pj Bupati Banyumas Drs Budi Wibowo M Si menyaksikan dipanggung kehormatan bersama Anggota Forkompinda dan tamu undangan lainya.

Selain drumband Gema Samudra drumband dari 5 sekolah ikut meramaikan suasana karnaval. Kegiatan ini dilombakan, dan untuk memastikan Kwarcab Banyumas netral, juri didatangkan dari Kwarcab tetangga.

"Pengumuman akan dilaksanakan pada hari Pramuka tingkat Kwarcab Banyumas 26 September mendatang," tambahnya

Parsito

Penulis: Parsito

Editor: Andy Ist Merdeka

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX