Lingkar Banyumas

Pangdam IV/Diponegoro Berikan Kuliah Umum Mahasiswa Baru Unsoed

Rabu, 29 Agustus 2018 15.39

Pangdam IV/Diponegoro Berikan Kuliah Umum Mahasiswa Baru Unsoed

Suara Purwokerto - Konflik kepentingan negara-negara besar saat ini dalam usaha menguasai energi sudah banyak terjadi, dan konflik yang terjadi di negara yang merupakan penghasil minyak dunia.

"Hari ini dunia sudah mencapai puncak energi yang sudah diperkirakan, padahal energi menjdi kebutuhan untuk menggerakan roda industri, sehingga semua berlomba-lomba untuk menguasai energi dan mencari energi terbarukan” kata Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Wuryanto, S.Sos., M.Si., di Auditorium Graha Widyatama Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Selasa (28/8/2018) 

Pandam menyampaikan hal itu, dalam acara kuliah umum dengan tema "Melalui karakter dan perjuangan Jenderal Besar Sudirman kita tingkatkan wawasan perjuangan dan mewarisi nilai-nilai perjuangan Jenderal Besar Sudirman", yang diikuti sekitar 5000 mahasiswa baru Unsoed, tahun 2018.

Dikatakan, Tahun 2045 adalah target Indonesia emas tepat pada 100 tahun Indonesia merdeka, diperkirakan tahun 2043 energi gemerasi fosil akan habis dan sudah saatnya mencari energi terbarukan, yaitu dari sumber alam hayati. 

"Mahasiswa Unsoed Purwokerto yang merupakan bagian dari kompetisi global sudah berfikiran untuk mencari pengganti energi fosil dan terbarukan dengan mengganti energi tumbu-tumbuhan untuk memenuhi kebutuhan sumber energi.

Indonesia ditengah menurunnya harga minyak dunia kedepannya akan menjadi sasaran bagi negara-negara besar untuk menguasai energi yang dimiliki, sehingga perlu adanya rasa memiliki dan jiwa nasionalis yang tinggi kepada generasi muda saat ini", jelasnya.

Pangdam menegaskan, untuk mencapai masyarakat yang adil dan makmur, Indonesia yang kuat, Indonesia yang mandiri maka generasi Sudirman muda turut berperan dalam pembangunan bangsa pada era yang modern dengan tetap menjaga kearifan lokal.Indonesia harus menjadi pemenang dalam kompetisi global, kepentingan nasional dan keberlangsungan bangsa tergantung dari pemimpin negara dalam era kompetisi global.

"Mari kita mengerti dan menyadari posisi kita dalam berkompetisi pada kompetisi global, bahwa pertumbuhan penduduk dunia semakin tinggi dan ketersediaan makanan dan energi semakin berkurang, bumi yang kita tempati standarnya mempunyai tempat yang nyaman untuk kita tinggali dan penduduk dunia saat ini berjumlah 7,645 M yang semuanya memerlukan tempat tinggal, pangan dan energi", katanya.

Sementara itu, Rektor Unsoed Purwokerto, Prof. Dr. Ir Suwarto, M.S., menyampaikan berkomitmennya bahwa Unsoed berupaya mengembangkan institusi dan warga kampus agar memiliki integritas serta mewarisi nilai perjuangan Jenderal Sudirman. 

"Dengan kuliah umum oleh Pangdam IV/Diponegoro diharapkan semakin mengokohkan wawasan kebangsaan para mahasiswa, sehingga mampu menghadapi tantangan, hambatan dan mampu turut serta merawat menjaga dan mempertahankan keutuhan NKRI". terangnya

Parsito

Penulis: Parsito

Editor: Andy Ist Merdeka

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX