Lingkar Banyumas

Pokdakan Budi Daya Ikan Lele Desa Selanegara Juara 1 Tingkat Jateng

Kamis, 16 Agustus 2018 10.00

Pokdakan Budi Daya Ikan Lele Desa Selanegara Juara 1 Tingkat Jateng

Suara Purwokerto - Kelompok Pembudiaya Ikan (Pokdakan) Nusa Dadi Desa Selanegara Kecamatan Sumpiuh keluar sebagai juara pertama tingkat Jawa Tengah, dalam pengelolaan kelompok usaha perikanan darat oleh masyarakat.

Kelompok ini selain berhasil dalam pengelolaan kelembagaan, juga mampu meningkatkan budiaya ikan lele. Prestasi membanggakan tersebut diraih dalam Lomba Penilaian Kinerja Pokdakan tahun 2018 tingkat Provinsi Jawa Tengah. Atas prestasi tersebut, kelompok ini berhak mendapat piala dan piagam penghargaan, serta uang pembinaan sebesar Rp 7,5 juta.

Penghargaan diserahkan oleh Gubernur Ganjar Pranowo pada rangkaian upacara peringatan Hari Jadi Ke-68 Provinsi Jawa Tengah di Simpang Lima Semarang, Rabu (15/8). Kelompok ini maju dinilai ke tingkat povinsi, karena sebelumnya memperoleh penghargaan sebagai juara pertama dalam Lomba Kelembagaan Kelompok tahun 2018 tingkat Kabupaten Banyumas.

Saya sangat bersyukur serta menyampaikan apresiasi setinggitingginya kepada Pokdakan Nusa Dadi yang tahun ini mewakili Banyumas dan berhasil menjadi juara pertama,î kata Penjabat (Pj) Bupati BanyumasBudi Wibowo, Rabu (15/8).

Dia berharap, prestasi tersebut makin memotivasi anggota kelompok untuk terus meningkatkan dan mengembangkan kegiatan budi daya ikan dan mengelola kelompok secara profesional dan mandiri.

"Semoga prestasi yang diraih Pokdakan Nusa Dadi ini, juga bisa memacu semangat kelompok-kelompok yang lain dalam menjalankan usahanya,î katanya. Ketua Pokdakan Nusa Dadi, Taufik Hidayat menceritakan, kelompok ini berdiri pada 7 Februari 2011, dan telah berbadan hukum dan tercatat di Kemenkumham. Menurutnya, awalnya bernama Sida Dadi.

Saat mau mendaftar ke Kemenkumham tahun 2017, ternyata di sana sudah ada nama Sida Dadi. Supaya tak terjadi duplikasi, maka kami sepakat mengganti nama menjadi Pokdakan Nusa Dadi,î katanya. Kelompok yang beranggotakan 12 orang tersebut, lanjut dia, kini mengelola 96 petak kolam, dengan total luasan 5.060 meter persegi.

Selama ini, katanya, anggota aktif melakukan budidaya ikan, khususnya pembesaran ikan lele untuk kebutuhan konsumsi. Meskipun belum memiliki koperasi, kelompok ini sudah punya mitra usaha yang siap menampung hasil produksinya.

Alhamdulillah, kami sudah menjalin kerja sama dengan Sambel Layah Coorporation Purwokerto,î kata Taufik Hidayat. Menurut Taufik, produksi ikan lele kelompoknya mencapai 3,6 ton per bulan, produksi per tahun mencapai 43,2 ton dengan harga jual Rp 18.500 per kilogram.

Akhmad Saefudin

Penulis: Akhmad Saefudin

Editor: Parsito

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX