Lingkar Banyumas

Pramuka SMPN 8 Purwokerto Gelar LT 1

Minggu, 5 Agustus 2018 09.34

Pramuka SMPN 8 Purwokerto Gelar LT 1

Suara Purwokerto - Pramuka Gugus Depan 02.927-02.928 mengadakan kegiatan lomba tingkat 1 yang dirangkaikan dengan perkemahan penerimaan tamu penggalang untuk peserta didik kelas VII baru, Sabtu-Minggu (4-5/8) di sekitar sekolah. Kegiatan dibuka oleh Ketua Gudep Kak Dra Sri Yuliati.

Dalamsambutannya Ka Gudep mengatakan Pramuka menjadi ekstra kulikuler wajib bagi siswa. Mengapa? Karena Pramuka merupakan salah satu wadah yang melaksanakan proses pendidikan nonformal diluar lingkungan sekolah, sebagai tempat pembentukan setiap anggota, agar memiliki kepribadian yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriot, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, dan memiliki kecakapan hidup sebagai anak bangsa.

"Mereka dididik dan dilatih agar anggota pramuka dapat membangun diri sendiri, membangun diri secara mandiri menjadi anggota yang bertanggung jawab terhadap pembangunan bangsa maupun negara, dan mempunyai tingkat kepedulian yang tinggi terhadap sesama, mahluk hidup, baik manusia maupun semua yang ada dilingkungan dan alam," kata Sri Yuliati

Untukmewujudkan tersebut berbagai pendidikan dan latihan dilakukan salah satunya adalah dengan berkemah dan lomba seperti sekarang.

PratamaPutra, Muhammad Bintang Araka mengatakan LT 1 dan perkemahan diikuti 350 peserta yang terdiri dari Dewan Penggalang (DP), calon DP, penggalang baru dan purna DP. Lomba yang digelar pada LT 1 antara lain Lomba Cerdas Tangkas Pramuka, guyon Katon, penjelajahan dan menari. Sedangkan kegiatan bersama yang dilaksanakan yaitu api unggun dan senam bersama.

"Untuk melatih fisik ada kegiatan penjelajahan," katanya.

Parsito

Penulis: Parsito

Editor: Andy Ist Merdeka

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX