LINGKAR BANYUMAS

BPJS Kesehatan Purwokerto Gelar Senam Sehat kolosal

Parsito, Suara Purwokerto |
BPJS Kesehatan Purwokerto Gelar Senam Sehat kolosal

BPJS Kesehatan Purwokerto Gelar Senam Sehat kolosal

Suara Purwokerto : Ribuan anggota klub Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) yang ada di Kabupaten Banyumas Minggu (29/7) mengikuti acara Senam Sehat Kolosal yang diadakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Kantor Cabang Purwokerto di Halaman Hotel Java Heritage Purwokerto. Menurut Kepala BPJS Kesehatan Purwokerto Ondrio Nas, acara Senam Sehat Kolosal tersebut dilaksanakan dalam rangka menyambut pelaksanaan Asian Games ke 18 pada tanggal 18 Agustus 2018 mendatang dan untuk memperingati Hari Ulang Tahun BPJS Kesehatan yang ke 50 pada bulan Juli 2018 ini.

Hadirpada acara tersebut, Pj Bupati Banyumas Drs Budi Wibowo M Si dalam sambutannya menyatakan bahwa dengan kehadiran Program Pengelolaan Penyakit Kronis, menunjukan bahwa adanya peningkatan keberhasilan edukasi kesehatan di masyarakat yang kemudian bergabung dalam klub-klub Prolanis tersebut.

“Secara pelan-pelan tapi pasti kita akan terus memberikan edukasi kepada masyarakat tentang kesehatan dari Puskesmas khususnya pasien dari sembilan jenis penyakit kronis yang harus melakukan pemeriksaan dan minum obat secara rutin. Dengan adanya klub Prolanis ini tentu akan membawa manfaat bagi masyarakat dalam menjaga kesehatan khususnya penderita penyakit kronis tersebut,” ungkap Pj Bupati.

Sementaraitu, Kepala BPJS Kesehatan Purwokerto, Ondrio Nas menyatakan bahwa senam sehat Kolosal tersebut memang dilaksanakan di seluruh wilayah kantor BPJS cabang di seluruh Indonesia untuk menyambut Asian Game yang ke 18 dan Hari Ulang Tahun BPJS Kesehatan.

Terkaintdengan Prolanis, Ondrio mengatakan, saat ini penderita sembilan penyakit kronis yang sudah terdata dan tergabung dalam klub Prolanis Kabupaten Banyumas melalui Fasilitas Kesehatan (faskes) Pertama. Pihaknya berharap kelak semua fasilitas kesehatan pertama akan memiliki klub prolanis yang bisa dimanfaatkan dan berguna bagi masyarakat peserta BPJS Kesehatan yang merupakan penderita sembilan penyakit kronis. Sedangkan untuk kepesrtaan BPJS kesehatan Banyumas sedikit diatas prosentase nasional.

“Di baru Banyunas 77 persen mengikuti BPJS kesehatan diatas nasional yaitu 75 persen, untuk itu saya berharap yang belum menjadi anggota segera mendaftar dan yang menjadi anggota agar membayar permi secara rutin" pungkas Ondrio

Parsito

Editor: Andy Ist Merdeka