Lingkar Banyumas

Warga Sawangan Ajibarang Gotong Royong Membangun Jalan Bersama TNI

Rabu, 11 Juli 2018 11:13 WIB

Warga Sawangan Ajibarang Gotong Royong Membangun Jalan Bersama TNI

Suara Purwokerto - Di era yang serba modern ini budaya gotong royong hampir mulai punah, namun tidak bagi warga Desa Sawangan  Kecamatan Ajibarang. Seperti yang dilakukan masyarakat bersama TNI AD, yang bekerjasama melakukan pengerasan jalan melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) . Pengerasan dan pengaspalan jalan sepanjang 2000 x 2,5 meter itu melewati Wilayah 3 RW diikuti puluhan warga secara bergiliran termasuk para wanita.
Kepala Desa Sawangan Karsim Ahmad Muchlasin saat meninjau kegiatan Rabu (11/7) mengatakan,  sejak awal pihaknya sudah mensosialisasikan kepada  warga, untuk bergotong royong mendukung program TMMD.
“Alhamdulilah dukungan dari masyarakat ini begitu antusias untuk melakukan gotong royong di kegiatan TMMD ini, bahkan warga yang tanahnya kelewatan jalan dengan sukarela menyerahkan 3 meter untuk pelebaran jalan”ungkapnya.
Menurut Karsim, masyarakat sangat mendukung program TMMD dan siap ikut bergotongroyong membantu pembuatan jalan penghubung antar RW. Jalan yang semula hanya jalan setapak lebar 1 meter, sekarang menjadi 4 meter dan diaspal 2,5 meter.
“Masyarakat sangat antusias bekerjabakti secara bergiliran, membantu TNI dalam pembuatan jalan hingga selesai nanti, yang saat ini baru mencapai 29 persen” tambahnya.
Sementara itu, Dandim 0701 Banyumas Letkol Wahyu Ramadhanus Suryawan
sangat mengapresiasi antusias masyarakat Desa Sawangan, yang telah melakukan gotong royong di kegiatan program TMMD bersama TNI.
“Dengan merakyatnya jajaran TNI di daerah ini merupakan wujud dari keberhasilan program TNI Manunggal Membangun Desa,” paparnya.
Dandim berharap, program TMMD ini dapat memberi manfaat bagi masyarakat, sebagai sarana transportasi sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dengan meningkatnya  perkonomian masyarakat Desa Sawangan.
“Kehadiran ratusan TNI yang berbaur dengan masyarakat untuk melaksanakan kegiatan TMMD ini tak lain merupakan wujud kepedulian TNI terhadap segala kebutuhan masyarakat,” ungkapnya.
Parsito

Penulis: Parsito

Editor: Andy Ist Merdeka

Berita Terkait

Minggu, 17 Februari 2019 15:15 WIB

Prosesi Kirab Pusaka Banyumas Meriah

Sabtu, 16 Februari 2019 21:25 WIB

PMI Mitra Strategis Pemerintah Daerah

Sabtu, 16 Februari 2019 13:32 WIB

Kirab Prosesi Pusaka Digelar Minggu Pagi

Kamis, 14 Februari 2019 08:53 WIB

Bupati Banyumas : Idialisme Adalah Roh Wartawan

Copyright ©2019 Suara Purwokerto. All Rights Reserved