Lingkar Banyumas

Waspada DB, Bupati Ingatkan Tetap Galakan PSN

Rabu, 23 Mei 2018 12.22

PSN lakukan pemberantasan sarang nyamuk

Suara Purwokerto - Plh Bupati Banyumas Ir Wahyu Budi Saptono meminta kepada Kader PSN dan masyarakat pada umumnya agar tidak bosan-bosan melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN). Hal tersebut guna mengantisipasi berkembangnya nyamuk Aides ageptysebagai penyebab penyakit demam berdarah (DB).

“Saya menghimbau kepada kader Posyandu dan masyarakat pada umumnya agar tidak bosan-bosan melaksanakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN),” pesan Plt Bupati Rabu pagi (23/5) sebelum berangkat ke Semarang.

Pesan tersebut sengaja disampaikan mengingat kondisi saat ini sedang musim pancaroba. Wabah DBD menurut Plt Bupati, dipicu oleh faktor cuaca curah hujan yang tinggi dan disertai panas yang terik seperti saat ini, dimana kadang hujan kadang panas, yang sangat cocok untuk berkembangbiaknya nyamuk.

“Walupun kondisi saat ini, cukup aman dari wabah penyakit demam berdarah, kita tidak boleh lengah dan terlena, kejadian luar biasa, kasus DB pada tahun 2016 tidak boleh terulang,” katanya

Plt Bupati menilai, PSN dipandang lebih efektif dan lebih murah dibandingkan dengan fogging. Pasalnya PSN mampu memutus rantai perkembangbiakan nyamuk. Sedangkan fogging hanya membunuh nyamuk dewasa saja.

“Pencegahan DB ini membutuhkan partisipasi dari berbagai pihak, utamanya dari masyarakat sendiri. Cara yang paling ampuh mengendalikan DB adalah dengan memberantas vektornya, yakni nyamuk Aides agepty. Karena itu, PSN harus terus digalakkan, untuk membasmi sarang-sarang nyamuk yang ada di rumahdan sekitarnya,” tandasnya.

Sementara itu dr Arif Sugiono Plh Kasi Pencegahan Penyakit Menular pada Dinas Kesehatan mengatakan kasus DB selama Januari sampai dengan pertengahan Mei 2018 terjadi 12 kasus, dan semua dapat tertangani dengan baik sehingga tidak ada pasien yang meninggal.

“Dari ke 12 kasus itu tidak ada yang satu waktu dan satu tempat sehingga bukan merupakan kasus yang luar biasa,” katanya

Pihaknya terus memberi edukasi kepada masyarakat tentang cara pencegahan dan pola hidup bersih dan sehat kepada masyarakat. Dan sebagai antisipasi pihaknya  juga sudah mekaukan dengan 2 kali foging, yang dilaksanakan di Kalibagor dan Sirau Kecamatan Kemranjen.

Parsito

Penulis: Parsito

Editor: Andy Ist Merdeka

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX