Lingkar Banyumas

Plt Gubernur Ziarah ke Makam dr Angka

Selasa, 22 Mei 2018 13.35

Plt Gubernur Ziarah ke Makam dr Angka

Suara Purwokerto - Plt Gubernur Jawa Tengah, Drs Heru Sudjatmoko, melakukan ziarah ke salah satu tokoh pendiri Budi Utomo di Pesarean Keboetoeh Desa Sokaraja Kulon, Kecamatan Sokaraja Senin (21/5). Tokoh dimaksud adalah Raden Anggoro Kasih atau akrab disapa Raden Angka atau Dokter Angka.
Selain dr Angka yang dimakamkan disini adalah dr Margono Soekarjo. 
Ziarah ini merupakan rangkaian  kegiatan peringati Hari Kebangkitan Nasional  Tahun 2018. Sebelumnya Plt Gubernur menjadi inspektur upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional tingkat Jawa Tengah yang tahun ini dipusatkan di Kabupaten Purbalingga. Dari Purbalingga langsung menuju Pesarean Keboetoeh dan disambut Plh Bupati Banyumas Ir Wahyu Budi Saptono MSi.
Sebelum tabur bunga di pusara makam, dibacakan sejarah singkat Dokter Angka oleh protokol dari Bagian Humas Setda Kabupaten Banyumas. Berikut ringkasannya.
“Angka adalah akronim dari Anggoro Kasih. Ayahnya bernama Raden Prodjodiwiryo, asisten wedana di Madukara. Semasa kanak-kanak, Raden Angka tinggal bersama kakek dari garis ibu yang juga seorang Patih di Banyumas, yaitu Raden Santadireja. Pendidikan yang ditempuhnya  meliputi Holland Indische School (HIS) tujuh tahun, Hoogere Burger School (HBS) lima tahun. Setamat HBS, ia melanjutkan sekolah kedokteran di STOVIA Batavia (Jakarta). Di sela-sela kesibukan kuliah, Raden Angka sering berdiskusi tentang kondisi yang dihadapi bangsanya. Pada 20 Mei 1908, di Batavia berdiri sebuah organisasi bernama Budi Utomo. Dalam organisasi ini, Raden Angka ditunjuk sebagai bendahara. Pertimbangannya, posisi tersebut sesuai dengan sosoknya yang pendiam namun sangat cermat dan teliti.” 
Usai berdoa dan melakukan tabur bunga, Plh Gubernur meninjau pembangunan rehab Rumah Tak Layak Huni (RTLH) di RT 01 RW 01 Desa Kalikidang Kecamatan Sokaraja. Bantuan rehab RTLH berasal dari Bank Jateng dan diberikan kepada seorang pejuang veteran Basiran (72).

Penulis: Akhmad Saefudin

Editor: Parsito

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX