LINGKAR BANYUMAS

KPU Banyumas Gelar Bimtek Tungsura

Rifki Fathur Rizqi, Suara Purwokerto |
KPU Banyumas Gelar Bimtek Tungsura

PURWOKERTO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemungutan dan Penghitungan Suara Pilkada Serentak Tahun 2018. Gelaran Bimtek berlangsung selama dua hari di Hotel Wisata Niaga Purwokerto, Rabu-Kamis (9-10/5). Bimtek ini  diperuntukkan bagi Ketua, Divisi Teknis, dan operator Aplikasi Penghitungan (Situng) Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kabupaten Banyumas.




Menurut Ketua KPU Kabupaten Banyumas, Unggul Warsiadi, Bimtek dimaksudkan untuk mematangkan persiapan PPK dalam menghadapi Tungsura yang pelaksanaannya semakin dekat.




“Dalam Bimtek ini kami lebih menekankan praktik ketimbang teori. Sebab, dengan praktik akan memberikan pemahaman lebih,” kata Unggul.




Anggota KPU Kabupaten Banyumas Divisi Teknis, Ikhda Aniroh, selaku narasumber menyampaikan penjelaskan dan simulasi pemungutan dan penghitungan suara dengan berbagai persoalan yang mungkin muncul.




“Hal ini sebagai bekal bagi penyelenggara ketika menghadapi persoalan di lapangan nantinya,” kata Ikhda.




Sebelum mengikuti Bimtek, kepada peserta diberikan pretest untuk mengetahi pemahaman mereka terhadap Tungsura. Setelah itu, penyampaian materi oleh narasumber dan dilanjutkan praktik/simulasi. Dalam simulasi, peserta berperan sebagai penyelenggara dengan praktik secara utuh mulai dari pembacaan sumpah penyelenggara hingga perekapan hasil pemungutan suara.




Ikhda berharap, peserta dapat mencermati setiap informasi yang disampaikan karena informasi tersebut harus disampaikan kepada penyelenggara di bawahnya. Selanjutnya, Bimtek serupa dilakukan oleh PPK divisi teknis kepada PPS dan KPPS di wilayah masing-masing. (*)






Naskah: M Rifki Fathur Rizqi


Editor: Akhmad Saefudin


Editor: Akhmad Saefudin