Lingkar Banyumas

Warga Sokawera Cilongok Rintis Wisata Berbasis Agroforestri

Minggu, 22 April 2018 13.45

Warga Sokawera Cilongok Rintis Wisata Berbasis Agroforestri

Suara Purwokerto - Warga Desa Sokawera, Kecamatan Cilongok,  bersama Yayasan Argowilis merintis destinasi wisata berbasis agroforestri dan budaya di lereng Gunung Slamet sebelah barat.
Direktur Argowilis Muhammad Toha di Desa Sokawera, Sabtu sore (21/4) mengatakan wisata itu dibangun berdasarkan kegiatan keswadayaan, mulai dari pembuatan jalan sampai dengan beberapa sarana wisata yang ada saat ini. Semuanya dikerjakan secara swadaya masyarakat dan kerja bakti, kurang lebih telah berjalan sekitar empat bulan
Saya berharap destinasi wisata berupa wanawisata atau agroforestri berbasis budaya dan kearifan lokal tersebut dapat diluncurkan pada Juni 2018 nanti," katanya
Terkait dengan upaya merintis destinasi wisata tersebut, pihaknya bersama sekitar 800 warga Desa Sokawera pada Sabtu (21/4) siang hingga sore hari menggelar kegiatan Nusantara Menanam Jilid III dan festival adat "Grebeg Gunungan Gula".
Dalam kegiatan itu masyarakat diajak untuk menanam bibit pohon di lereng barat Gunung Slamet yang bakal dijadikan lokasi wisata.
"Tanaman yang ditanam saat ini adalah tanaman yang memiliki nilai ekologis dan secara ekonomis juga menguntungkan. Saat ini sudah tertanam bibit pohon petai sebanyak 1.300 batang dan 8.000 batang bibit jengkol," katanya.
Muhammad Toha menambahkan tanaman petai dan jengkol cocok ditanam pada lahan yang ada di Desa Sokawera.
"Harapannya, hutannya lestari, masyarakatnya secara ekonomis meningkat, dan nantinya di hutan itu mungkin lima hektare tanaman petai, lima hektare tanaman jengkol, lima hektare tanaman pisang, dan seterusnya," lanjutnya.
"Grebeg Gunungan Gula", merupakan wujud dari doa masyarakat Desa Sokawera. Gunungan tersebut terdiri atas sayuran di bagian bawah yang memiliki makna harapan masyarakat Sokawera agar lingkungannya subur dan makmur.
Di bagian atas gunungan terdapat tumpukan gula kelapa yang memiliki makna berupa kehidupan masyarakat Sokawera semanis gula kelapa yang dihasilkan daerah itu.

Penulis: Parsito

Editor: Andy Ist Merdeka

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX