LINGKAR BANYUMAS

Saka Bina Sosial Kwarcab Banyumas Adakan Kaderisasi

Heriana Ady Chandra, Suara Purwokerto |
Saka Bina Sosial Kwarcab Banyumas Adakan Kaderisasi

Calon Anggota Saka Bina Sosial mengikuti pembekalan

Suara Purwokerto - Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsospermasdes) Kab. Banyumas melalui Dewan Satuan Karya Bina Sosial mengadakan Perkemahan Kaderisasi dan Orientasi Calon Anggota SAKA Bina Sosial Kwartir Cabang Banyumas Angkatan IV pada hari Sabtu – Minggu, 14 – 15 April 2018 di Obyek Wisata Alam Pagubugan Desa Melung Kecamatan Kedungbanteng.
Kegiatan tersebut diikuti oleh 75 Pramuka Penegak yang berasal dari Gugus Depan di Wilayah Kabupaten Banyumas yang telah mendapat surat edaran sebelumnya. Kegiatan dibuka oleh Pamong SAKA Bina Sosial Kak H. Ady Candra, S.IP yang mewakili Pimpinan Dinsospermasdes dan Pimpinan SAKA. Dalam amanatnya beliau menekankan bahwa “Calon Anggota SAKA Bina Sosial merupakan kader – kader bagi Institusi Sosial yang membantu Pemerintah dalam hal menangani permasalahan Sosial. Sehingga diharapkan peran serta adik – adik dalam menangani permasalahan Sosial. Pramuka SAKA Bina Sosial juga merupakan salah satu sumber potensi kesejahteraan sosial disamping ada TAGANA, Karang Taruna, PKH, TKSK dan PSM. Tentunya membutuhkan partisipasi aktif dari Calon Anggota untuk senantiasa berlatih dan menerima materi skill Kesakaan khususnya Bina sosial, serta mengembangkan dan membesarkan SAKA Bina Sosial” tutur Ady.
Pada kegiatan Perkemahan tersebut, peserta menerima beberapa materi diantaranya Dinamika Kelompok, Pengetahuan Kesakaan, Perlindungan Anak, Pre Test, Brainstrooming, Pengenalan SAKA Bina Sosial, Api Unggun, Pentas Seni dan pagi harinya melaksanakan Penjelajahan di Obyek Wisata Alam Pagubugan Desa Melung Kecamatan Kedungbanteng. Pemateri berasal dari Dinsospermasdes, LK3 “Satria” dan PRAMUKA Peduli Kwartir Cabang Banyumas. Sebagai Satuan Karya yang baru, dalam menyelenggarakan kegiatan dikemas dalam bentuk Pendidikan yang menarik dan menantang sesuai dengan minat kaum muda. Agar kedepan Calon Anggota SAKA Bina Sosial dapat eksis dan aktif menyelenggarakan pertemuan/latihan rutin setiap hari Minggu di Sanggar SAKA Bina Sosial pada Dinsospermasdes Kab. Banyumas.
“Kegiatan ini sangat menyenangkan bagi saya, dan saya akan mengembangkan SAKA Bina Sosial agar dapat maju dan terus berkembang. Ada pengetahuan dan teman yang baru pada kegiatan ini, apalagi kegiatan dikemas di alam terbuka, dan pagi harinya kami melakukan Penjelajahan, materi Penjelajahan bukan materi Pramuka tapi dikemas dengan Permainan berkelompok, sehingga ini akan mengkompakan Calon Anggota SAKA Bina Sosial, yang notabene kami dari pangkalan yang berbeda–beda” tutur Carissa Aulia Dewati peserta kegiatan dari SMA Negeri 1 Purwokerto.
“Dengan di tutupnya Perkemahan ini, bukan berarti akhir dari segala aktifitas Adik – Adik. Justru ini adalah awal dari kalian untuk menapak dan memantapkan hati menjadi Anggota SAKA Bina Sosial yang akan melaksanakan tugas – tugas penanganan permasalahan sosial. Setelah kegiatan ini, selama 6 (enam) bulan kedepan adik – adik berkewajiban mengikuti Latihan Rutin di Dinsospermasdes dan akan menerima materi – materi untuk menunjang pelaksanaan tugas adik–adik di lapangan” pungkas Kak Ady pada Upacara Penutupan.
Heriana Ady Chandra
Editor: Andy Ist Merdeka