Lingkar Banyumas

KPU Kian Intensif Gelar Sosialisasi Pilkada

Selasa, 27 Maret 2018 05.32

PURWOKERTO –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas kian insentif menggelar kegiatan sosialisasi Pilkada Serentak tahun 2018. Minggu (25/3), dalam sehari dua kegiatan sosialisasi digelar di dua tempat berbeda.

Pagi hari sosialisasi dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Banyumas, sorenya kegiatan serupa digelar di Lapangan Banteran Kecamatan Sumbang. 

Sosialisasi di MAN 1 Banyumas diikuti peserta perempuan, yakni dari para anggota Pangurus Cabang (PC) Fatayat Nahdhatul Ulama (NU) Banyumas. Adapun kegiatan serupa di Banteran diikuti masyarakat umum.

Sosialisasi dengan peserta anggota PC Fatayat NU diisi oleh Ikhda Aniroh, anggota KPU Kabupaten Banyumas. Adalah gaya khas Ikhda Aniroh, menyampaikan materi dengan berdiri. Ia menegaskan bahwa, perempuan punya peran sangat penting dalam demokrasi di Indoensia. Menurutnya, ada tiga peran penting perempuan di negeri ini. Pertama, dengan ikut menjadi anggota legislatif sebagai pengambil kebijakan. Kedua, menjadi pemilih yang menggunakan hak pilih secara cerdas.

“Dan, ketiga, yang tak kalah penting adalah menjadi penyelenggara pemilihan,” kata Aniroh. 

Dengan peran tersebut, menurut Aniroh, perempuan dapat mengaktualisasikan peran penting dirinya dalam dunia politik. Perempuan dapat berkiprah untuk ikut meningkatkan kualitas hidup perempuan, melakukan perbaikan hukum serta penguatan lembaga berkepentingan untuk perempuan.

Sementara itu, kegiatan sosialisasi di Lapangan Banteran dimeriahkan penampilan kesenian khas Banyumas, yakni Ebeg alias Kuda Lumping. Sosialisasi dengan kolaborasi seni ini digagas Suharso Agung Basuki, salah seorang anggota KPU Kabupaten Banyumas. Ia menyampaikan, saat ini tahapan Pilkada sudah memasuki uji penyampaian Daftar Pemilih Sementara (DPS). Agung mengajak agar masyarakat memastikan bahwa dirinya terdaftar di DPS.

“Jika ada yang kurang, atau ada salah data, silakan melapor ke Ketua RT atau Panitia Pemungutan Suara setempat,” kata Agung. (*)

Kontributor:
Akhmad Saefudin

Penulis: Saefudin

Editor:

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX