Lingkar Banyumas

DKC Banyumas Gelar Diklat Jurnalistik

Senin, 22 Januari 2018 13.31

PURWOKERTO – Dewan Kerja Cabang (DKC) Banyumas menggelar pendidikan dan pelatihan (Diklat) Jurnalistik, di Aula Badan Kepegawaian Daerah dan Diklat serta di Sanggar Bakti Pramuka Purwokerto, Sabtu-Minggu (20-21/1). Kegiatan diikuti 22 peserta dari perwakilan Pramuka Penegak dari Pangkalan SMA/SMK/MA se-Kwarcab Banyumas. 

Ketua Kwarcab Banyumas, Achmad Supartono, mengatakan bahwa dalam pendidikan pelatihan kepramukaan semua ilmu diberikan sesuai dengan minat dan bakat dari peserta didik, termasuk ilmu jurnalistik. Ia berharap setiap pendidikan dan pelatihan yang digelar oleh kwarcab, akan menambah keterampilan dan kecakapan peserta didik.
“Dengan pendidikan dan pelatihan jurnalistik nantinya, pesrta bisa menyebarluaskan kegiatan kepramukaan. Karena semua kegiatan kepramukaan mengandung unsur pendidikan dengan cara yang asyik dan gembira,” katanya 
Partono berharap para peserta, nantinya harus bisa menuliskan kegiatan yang dilakukan di pangkalan masing-masing, agar orang di luar sana mengetahui bahwa Pramuka adalah tempat pendidikan yang menyenangkan, membentuk pribadi peserta didik berkarakter dilandasi dalam roh Tri Satya dan Dasa Darma Pramuka. 
Ketua Panitia Hanifah Tri Kinanti mengatakan, 22 peserta merupakan hasil seleksi, dari 53 peserta. Ia berharap adanya diklat jurnalistik ini, para peserta dapat memberitakan kegiatan yang dilaksanakan melalui media, baik media social, media elektronik dan media cetak
“Untuk Diklat Jurnalistik Angkatan VI , kami mengandeng berbagai pihak untuk menjadi narasumber, untuk materi teknik  pennulisan berita media cetak oleh redaktur salah satu media cetak di Purwokerto dan teknik  pennulisan berita media elektronik oleh Pengurus Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesis (PRSSNI), serta para praktisi” katanya
Tidak hanya terori, di hari kedua, peserta langsung praktek menggali informasi dan membuat berita tentang pasar pagi di area Car Frre Day GOR Satria.
“Untuk mengetahui hasil diklat para peserta, kami mewajibkan mereka untuk membuat bulletin dan dikirimkan secara berkala ke DKC sebagai evaluasi. Hal ini juga berfungsi sebagai dokumentasi untuk kegiatan yang dilaksanakan oleh Ambalan,” jelas Hanifah. 

Penulis: Tommy

Editor:

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX