Lingkar Banyumas

Petani Banyumas Diminta Segera Tanam Padi Sebelum Kedelai

Senin, 15 Januari 2018 15.20


Banyumas : Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Pemerintah Kabupaten Banyumas, mengimbau kepada petani yang telah selesai panen untuk segera menanam padi kembali.

Kepala Dintan KP Banyumas Widarso, usai apel pagi Senin (15/1) mengatakan untuk sekarang petani diharapkan menanam padi dulu, setelah itu beru menanam palawija khususnya kedelai. Haltersebut perlu dilakukan karena saat sekarang masih musim hujan sehingga ketersediaan air mencukupi kebutuhan tanaman padi.

Terkait dengan rencana penanaman palawija, Widarso mengatakan pihaknya sudah mulai melakukan pendataan lahan yang akan digunakan untuk mendukung program pemerintah tersebut.

"Namun saat menanam palawija juga harus cepat, paling lambat bulan Juli sudah harus tanam kedelai," katanya.

Kendati demikian, dia mengaku belum mengetahui secara pasti metode penamanan kedelai yang akan diterapkan, apakah menggunakan salibu atau sistem tanam yang lain.

"Ini karena program pemerintah, jadi kami belum mengetahui secara pasti sistem yang akan digunakan," ujarnya.

Lebih lanjut, Widarso mengatakan saat sekarang sudah didata perluasan tanam untuk area baru yang ditujukan bagi lahan yang belum pernah tanam kedelai sehingga akan diikutkan dalam program pemerintah tersebut.

"Di Desa Tinggarjaya Jatilawang saja ada 150 hektare lahan yang belum atau tidak biasa ditanami kedelai. Ini terobosan positif, mudah-mudahan nanti sukses," katanya. 

Parsito

Penulis: Tommy

Editor:

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX