LINGKAR BANYUMAS

Tak Terasa, Pilbup Banyumas 2018 Semakin Dekat

A Saefudin, Suara Purwokerto |
Tak Terasa, Pilbup Banyumas 2018 Semakin Dekat

Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyumas akan dilaksanakan pada Rabu, 27 Juni 2018. Tak terasa, agenda pesta demokrasi itu semakin dekat atau tinggal hitungan bulan. 

Dalam waktu dekat, tepatnya 1-7 Januari 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas akan mengumumkan secara resmi mekanisme maupun syarat pendaftaran pasangan calon (paslon) bupati-wakil bupati. 

Adapun pendaftaran paslon disediakan waktu tiga hari. 

"Pendaftaran dibuka tanggal 8 sampai 10 Januari mendatang," kata Ketua KPU Kabapaten Banyumas, Unggul Warsiadi. 

Selanjutnya tanggal 10-16 Januari 2018, dokumen persyaratan paslon yang masuk akan diunggah di laman KPU untuk mendapatkan tanggapan dan masukan dari masyarakat. 

Pada saat yang sama, KPU melakukan penelitian syarat paslon yang telah mendaftar.  Pemberitahuan hasil penelitian dilaksanakan tanggal 17-18 Januari 2018.

Apabila ada syarat yang perlu diperbaiki, diberikan kesempatan selama tiga hari bagi paslon untuk melakukan perbaikan (18-20 Januari).

Perbaikan dokumen syarat paslon diumumkan di laman KPU pada 20-26 Januari. 

Tanggal 12 Fabruari adalah penetapan paslon, sehari berikutnya adalah pengundian dan sekaligus pengumuman nomor urut paslon yang nantinya ikut Pilbup Banyumas 2018.

Kampanye bagi masing-masing paslon diberikan kesempatan mulai 15 Februari hingga 23 Juni. 

Kampanye bagi setiap paslon meliputi pertemuan terbatas, tatap muka dan dialog, penyebaran bahan kampanye, pemasangan alat peraga. 

Kampanye juga dapat dilakukan melalui media massa cetak maupun elektronik. 

Selain itu, ada pula debat terbuka antar paslon yang difasilitasi KPU setempat. 

Beberapa hari menjelang pelaksanaan Pilbug 2018, yakni 24-26 Juni, adalah masa tenang dan pembersihan alat peraga. 
Hajatan Pilkada 2018 memerlukan anggaran yang tidak sedikit, baik dari anggaran pusat maupun daerah.

Mengingat hal tersebut di atas, masyarakat diharapkan agar berpartisipasi aktif menentukan calon pemimpin terbaiknya untuk periode lima tahun ke depan. 

"Datanglah ke TPS terdekat pada 27 Juni mendatang, dan gunakanlah hak pilih masing-masing dengan baik," kata Unggul Warsiadi. (*)
Editor: