Lingkar Banyumas

Kiai Labib dan Sabar Munanto Pimpin NU Banyumas 2017-2022

Senin, 11 Desember 2017 23.24

Suara Purwokerto - Konferensi Cabang (Konfercab) VI Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Banyumas berlangsung meriah dan demokratis di Pondok Pesantren Assunniyah Sokaraja, Ahad (10/12).

Agenda konfercab meliputi laporan pertanggungjawaban pengurus masa bakti 2012-2017, penyusunan program kerja lima tahun mendatang, bahtsul masail, dan pemilihan pengurus baru periode 2017-2022.

Semua agenda konferensi berjalan lancar mulai pagi hingga petang hari. Salah satu agenda yang ditunggu-tunggu peserta konfercab adalah pemilihan pengurus yang berlangsung pada malam hari. 

Tepat pukul 22.14 WIB penghitungan suara pemilihan ahlul halli wal aqdi (AHWA) selesai dan menetapkan KH Drs Mughni Labib MAg sebagai Rois Syuriah terpilih. Rekapitulasi hasil suara pemilihan AHWA memposisikan KH Mughni Labib di urutan teratas dengan perolehan dukungan 23 suara, disusul KH Taefur Arofat (14), KH Hisyam Thontowi (13), KH Zaenurohman (11), dan KH Abdul Hamid Rusydi (11).

Setelah diperoleh calon Rois Syuriah terpilih, dilanjutkan agenda pemilihan Ketua Tanfidziyah yang berlangsung dua putaran. Pada putaran pertama terdapat empat nama calon yang muncul, masing-masing atas nama Dr Ridwan dengan perolehan dukungan 5 suara, Sabar Munanto (11), Maulana Ahmad Hasan alias Gus Hasan (7), dan Akhsin Aedi Fanani (4).

Untuk penentuan ketua terpilih, Sabar Munanto dan Gus Hasan sebagai dua bakal calon dengan dukungan suara terbanyak berhak maju ke putaran kedua. Dan, tepat pukul 23.09 proses pemilihan ketua tanfidziyah pun usai. 
Hasil akhir perhitungan suara menempatkan Sabar Munanto sebagai ketua terpilih dengan perolehan dukungan 19 suara; sementara Gus Hasan beroleh 7 suara, dan 1 suara dinyatakan tidak sah. 

Dengan hasil tersebut di atas, maka KH Drs Mughni Labib MSi dan Drs Sabar Munanto MPdI ditetapkanlah sebagai Rois Syuriah dan Ketua Tanfidziyah PCNU Kabupaten Banyumas untuk masa khidmah lima tahun ke depan.

"Semoga NU Banyumas di bawah kepemimpinan KH Mughni Labib dan Ustaz Sabar Munanto akan lebih maju dan mandiri," kata Ketua MWC NU 
Kedungbanteng Wuryanto Mahfuri penuh harap. 

Untuk melengkapi struktur kepengurusan dibentuklah Tim Formatur yang beranggotakan tujuh orang. Adapun tujuh nama yang masuk Tim Formatur adalah Rais Syuriah terpilih (KH Mughni Labib), Ketua Tanfidziyah terpilih (Sabar Munanto), perwakilan Zona 1 (M Ridwan), Zona 2 (Sudir), Zona 3 (Habib Muhamad), Zona 4  (Abdur Rozak), dan Zona 5 (Imam Hidayat).

Dalam waktu tak terlalu lama Tim Formatur diharapkan dapat segera menetapkan figur-figur yang tepat untuk duduk dalam struktur PCNU Kabupaten Banyumas masa khidmah 2017-2022. (*)

Penulis: A Saefudin

Editor:

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX