Lingkar Banyumas

Sosialisasi Pilkada 2018 bagi Pemilih Pemula di Pekuncen

Senin, 11 Desember 2017 21.28

  Suara Purwokerto - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Banyumas menggelar sosialisasi  Pilkada Serentak Tahun 2018 dengan sasaran pemilih pemula di wilayah Kecamatan Pekuncen, Senin (11/12).

Sosialisasi yang digelar di Aula Madrasah Aliyah (MA) Muhammadiyah Pekuncen ini diikuti 115 siswa dari empat sekolah menengah di kecamatan setempat.Yakni, perwakilan siswa MA Muhammadiyah, MA Ar-Ridho, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Ma’arif Nahdlatul Ulama (NU) Pekuncen, dan SMK Takhasus Pekuncen. 

Anggota KPU Kabupaten Banyumas, Ikhda Aniroh, hadir dan sekaligus tampil sebagai narasumber. Hadir pula pada acara tersebut Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pengawas Kecamatan Pekuncen.

Di hadapan ratusan calon pemilih pemula itu Aniroh menjelaskan arti penting demokrasi secara umum serta menyampaikan tahapan-tahapan Pilkada Serentak 2018.

“Jika pada tanggal 27 Juni 2018 kalian sudah berumur 17 tahun, berarti kalian sudah memiliki hak pilih,” kata Aniroh. 

Selain itu, Aniroh berpesan agar para siswa menjadi pemilih yang cerdas. Pemilih cerdas dimaksud, menurut Aniroh, adalah pemilih yang menggunakan hak pilih berdasarkan pertimbangan yang rasional. 

“Jangan sampai kalian menggadaikan hak pilih kalian hanya karena iming-iming selembar uang,” katanya. 

Pada sesi tanya jawab, sejumlah siswa tampak antusias menyampaikan pertanyaan. Kepada lima siswa yang aktif dalam sesi tanya jawab itu Aniroh memberi hadiah boneka maskot Pilkada Banyumas sebagai wujud apresiasi. (*)

Penulis: A Saefudin

Editor:

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX