LINGKAR BANYUMAS

Tenaga Kesehatan Banyumas Peringati HKN 2017

Tommy , Suara Purwokerto |
Tenaga Kesehatan Banyumas Peringati HKN 2017

Suara Purwokerto - Bupati Banyumas Ir Achmad Husein mempimpin upacara Hari Kesehatan Nasional ke-53 Tingkat Kabupaten Banyumas. Upacara digelar Senin (13/11/2017) di halaman Pendopo Sipanji Purwokerto. Upacara dilaksanakan didalam ruang mengingat cuaca diluar sedang terjadi gerimis.

Upacara diikuti oleh Jajaran Forkompinada, pejabat di lingkungan Pemkab Banyumas, dan  jajaran tenaga kesehatan antara lain pegawai Dinas Kesehatan,  RSU dan sekolah kesehatan yang ada di Banyumas.

Bupati Banyumas Ir Achmad Husein saat membacakan sambutan, Menteri Kesehatan RI, Nila F. Moeloek, menyampaikan bahwa tema HKN “Sehat Keluargaku, Sehat Indonesiaku” adalah sejalan dengan Program Indonesia Sehat Melalui Pendekatan Keluarga. Perilaku dan gaya hidup sehat sangat penting artinya dalam rangka mewujudkan Pembangunan Kesehatan sesuai Undang-undang No.36 tahun 2009. Selain itu Kementerian Kesehatan juga telah mengeluarkan Permenkes No.39 tahun 2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

"Keluarga merupakan pengalaman pertama bagi anak anak, pendidikan di lingkungan keluarga yang dapat menjamin kehidupan emosional anak untuk tumbuh berkembang,"jelasnya pada upacara kegiatan yang bertema "Sehat Keluargaku Sehat Indonesiaku", kata Bupati

Hal lain yang tak kalah penting adalah kerjasama lintas sektoral dalam rangka menggalakkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) sebagai implementasi Instruksi Presiden No.01 tahun 2017 tentang GERMAS.

Bupati melanjutkan bahwa Germas sebagai upaya promotif dan preventif yang pada akhirnya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat setinggi-tingginya untuk mewujudkan masyarakat yang produktif dan berperan aktif dalam pembangunan 

Bupati juga berpesan bahwa Puskesmas dan Tenaga Kesehatan yang ada di dalamnya harus berperan aktif dalam mencerdaskan masyarakat untuk hidup sehat. 

Maka, bertepatan dengan upacara, diserahkan berbagai penghargaan bagi tenaga kesehatan dan lemabaga yang mendukung pola hidup bersih dan sehat, Penghargaan yang diserahkan antara lain penghargaan tenaga kesehatan teladan, baik dokter gigi, dokter umum, peraway, bidan, tenaga kesehatan masyarakat, kesehatan lingkungan dan farmasi. 

Selain itu juga diserahkan penghargaan untuk pengharhaan Pola Hidup Bersih dan Sehat untuk rumah tangga dan desa kelurahan kepada Desa Besuki Kecamatan Lumbir, Kelurahan Sokanegara Kecamatan Purwokerto Timur dan desa Buniayu Kecamatan Tambak.

Klinik Pratama Amanda Purwokerto bahkan mendapat penghargaan lomba Fasilitas Pelayanan Kesehatan Tingkat Nasional Kategori Klinik, sebagai Juara III.

Editor: