Lingkar Banyumas

Pramuka Peduli Kwarran Baturraden Dilantik

Kamis, 26 Oktober 2017 11.03

Suara Purwokerto-Camat Baturraden Budi Nugroho S.STP M.Si  selaku Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) mengukuhkan pengurus Pramuka Peduli (Pramuli) Kwartir Ranting (Kwarran) Baturraden. Pengukuhan dilaksanakan Rabu (25/10) di Aula SD N 3 Kutasari. Pengukuhan disaksikan oleh Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan dan Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan dan anggota pramuka se Kwarran Baturraden.

Menurut Budi Nugroho kegiatan itu merupakan salah satu bentuk nyata gerakan pramuka sebagai organisasi pendidikan yang selama ini melakukan kegiatan bhakti masyarakat dan pembangunan masyarakat sebagai wujud dari pengamalan Tri Satya dan Darma Pramuka. 

“Kita berharap Pramuli mampu membantu meringankan beban penderitaan masyarakat apabila terjadi musibah. Dan tak kalah pentingnya adalah peduli dengan sesama dan lingkungan, karena disekitar kita sudah terjadi banyak sampah plastik,” katanya.

Terkait dengan penanganan sampah plastik, Budi berjanji akan menyiapkan kendaraan roda tiga yang dapat digunakan untuk operasional Pramuli bersama sama dengan oragnaisasi yang peduli dengan lingkungan.

Unit Pramuka Peduli Baturraden dipimpin oleh Karsono, S.Pd akan membantu dalam bidang penanggulangan bencana, pelestarian lingkungan hidup, yang diselenggarakan bersama masyarakat, pemerintah, lembaga swadaya dan organisasi masyarakat lainnya.

Ketua Kwarran Baturraden Sugiyanti, S.Pd mengatakan bahwa semua orang pasti akan menghindar dari musibah dan bencana. Namun demikian semua juga tidak memprediksi adanya bencana alam seperti gempa, longsor, banjir, angin ribut dan lain-lain, termasuk kebakaran.

“Diharapkan pada saat terjadi bencana, para anggota pramuka peduli tetap mengutamakan keselamatan diri sendiri sebelum menolong dan tentunya sesuai dengan standar operasional procedur (SOP) yang ada, serta selalu melakukan koordinasi kepada instansi-instansi terkait seperti BPBD, PMI dan Tim SAR lainya,” jelasnya

Penulis: Yuli Siswati

Editor: Tommy

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX