Lingkar Banyumas

SDN 1 Sambirata Berlomba Jadi Gudep Unggul Tingkat Nasional

Kamis, 19 Oktober 2017 08.14

Suara Purwokerto - Sekolah Dasar Negeri 1 (SDN 1) Sambirata Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas maju lomba Gudep Unggul Tingkat Nasional. Gudep berpangkalan di SD yang berada di lereng selatan Gunung Slamet itu, berhak menjadi wakil Provinsi Jawa Tengah setelah terpilih menjadi yang terbaik tingkat provinsi. 

Ketua Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) SDN 1 Sambirata Untung Sanyoto, S.Pd yang juga Ketua Kwartir Ranting (Kwarran) Cilongok mengatakan keunggulan sekolahnya pada Lomba Gugus Depan Unggul dan Festival Penggalang Ceria SD Tingkat Nasional 2017 karena memiliki keunggulan di bidang sumber daya manusia, manajemen dan administrasi, dana, sarana dan prasaran, kegiatan, proses, prestasi dan kemitraan. 

“Alhamdulillah kami memdapat penghargaan tingkat provinsi karena dinilai dapat mengelola gugus depan dengan keberhasilan dalam prestasi serta mengembangkan gugus depan yang berpangkalan di sekolah dasar,” kata Untung 

Lomba Gugus Depan Unggul tahun ini dinilai berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena menggunakan uji peserta didik dengan menampilkan keterampilan peserta didiknya. SDN1 Sambirata bersama 34 Gudep SD terbaik dari masing masing provinsi saat ini mengikuti lomba yang diselenggarakan di Grand Mulya Hotel and Convention, Bogor tanggal 17-21 Oktober 2017.

“Sekarang pakai uji peserta didik. Gudep unggul tersebut harus diuji juga keterampilan peserta didiknya lewat Penggalang ceria. Keterampilan yang dinilai seperti yang ada di SKU,” imbuh Untung.

Lomba Gugus Depan (Gudep) Unggul dan Festival Penggalang Ceria Sekolah Dasar Tingkat Nasional 2017 ini degelar oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bekerjasama dengan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka. 

“SDN 1 Sambirata memberangkatkan 1 Kamabigus, 1 pembina putra, 1 pembina putri, 8 Pramuka Penggalang putra, dan 8 Pramuka Penggalang putri, itu Tim wajib, sedangkan untuk penyemangat juga akan hadir para pembina dan pelatih baik dari Kwarran Cilongok maupun Kwarcab Banyumas” tambah Untung.
Parsito

Penulis: Tommy

Editor:

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX