LINGKAR BANYUMAS

Kwarran Baturraden Gelar KMD

Tommy , Suara Purwokerto |
Kwarran Baturraden Gelar KMD

Suara Purwokerto - Gerakan Pramuka Kwartir Ranting (Kwarran) Baturraden melaksanakan Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD) di Buper Kendalisada Kalibagor. Kegiatan dilaksanakan selama 5 hari mulai Senin (9/10) s/d Jum’at (13/10) diikuti sebanyak 32 pembina pramuka.

Kegiatan KMD dibuka oleh Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Banyumas Drs Achmad Supartono. Menurutnya KMD merupakan langkah awal untuk memberikan pengetahuan, keterampilan dan skill dasar kepada para anggota dewasa yang akan melaksanakan proses pembinaan Pramuka yang ada di Gugus Depan. 

“Setelah mengikuti kegiatan ini Kakak kakak akan terjun langsung dalam pendidikan dan pelatihan pramuka kepada anak didik, sehingga apa yang didapat dari pelatihan ini agar dipraktekkan dalam pendidikan dan pelatihan pramuka,” katanya.

Ketua Kwarran Baturraden Sugiyanti S.Pd mengatakan bahwa Kegiatan KMD ini sangat penting untuk dilaksanakan, agar para pembina yang memahami betul tentang pelaksanaan kegiatan kepramukaan sehingga ke depan diharapkan kegiatan Pramuka di Kwarran Baturraden tidak hanya menarik, akan tetapi juga kreatif dan inovatif dalam membentuk karakter peserta didik.

“Setelah mengikuti kegiatan ini para Guru ini akan menjadi Pembina Pramuka di Gugusdepan, dengan predikat Pembina Pramuka Mahir diharapkan dapat mengemban sistem nilai Gerakan Pramuka serta dapat menerapkan dan mengembangkan materi kecakapan atau keterampilan dasar yang diterima,” kata Sugiyanti

Sugiyanti menambahkan dari ke 32 peserta sebagian besar Pembina putri, sebanyak 26 sedangkan Pembina putra hanya 6 orang. 

“Mereka berasal dari pangkalan SD/MI, SMP/MTs dan SMA/SMK se Kwarran Baturraden,” tambahnya.

Salah seorang pelatih Hutama Yudyadi mengatakan sebelum pelaksanaan pelatihan Tim Pelatih terlebih dahulu mengkondisikan para peserta kursus agar siap mengikuti pembelajaran, dengan cara memberikan informasi-informasi yang sangat diperlukan bagi seseorang Pembina Pramuka dalam mengemban tugas-tugasnya dalam Pendidikan Kepramukaan.

“Karena sebagian besar adalah calon Pembina siaga dan penggalang maka materi dipersiapkan untuk pembina siaga dan penggalang,” kata Yudi.


Editor: