LINGKAR BANYUMAS

Pramuli Bantu Tangani Longsor di Kebasen

Administrator, Suara Purwokerto |
Pramuli Bantu Tangani Longsor di Kebasen

Suara Purwokerto - Pramuka Peduli dan Ubaloka Kwarcab Banyumas membantu tangani longsor Selasa (10/10) di Desa Karangsari Kecamatan Kebasen. Mereka bersama sama Relawan Penanggulangan Bencana di Kabupaten Banyumas, senantiasa melakukan implementasi Tri Satya dan Dasa Dharma serta berbuat kebaikan setiap hari. 

Andalan Cabang Urusan Pramuka Peduli Heriana Ady Candra mengatakan Pramuka, Ubaloka dan unsur relawan lainnya yakni Tagana, KORAMIL Kebasen, POLSEK Kebasen, PMI Kabupaten Banyumas, TRESNA Jakarta Rescue, LINMAS Inti, Satpol PP Banyumas, SAR SERI Banyumas, SAR Banyumas, MDMC Banyumas, SENKOM Mitra POLRI, , Komunitas Alap – Alap bersama dengan warga Karangsari Kecamatan Kebasen, melaksanakan kegiatan pembersihan material longsor yang melanda rumah Bapak Dorin (36 th) warga RT 03 RW 01 Desa Karangsari Kecamatan Kebasen.

Menurut Ady longsor terjadi pada hari Minggu, 8 Oktober 2017 pukul 05.00 WIB. Longsoran tanah mengenai rumah warga berkat kesigapan warga tidak ada korban dalam bencana ini. 

Selain rumah Dorin, longsor juga mengakibatkan rumah Jumadi RT 03 RW 01 bergerak. Rumah Jumadi yang persis diatas rumah Dorin, karena longsoran tanah mengarah ke rumah Dorin, hal ini menyebabkan wuwungan putus, lantai dan dinding retak serta tiang rumah Pak Jumadi miring/begeser. Dan satu rumah lagi yakni milik Sutin t juga terancam. 

“Karena tebing yang ada di samping rumah Pak Dorin dengan ketinggian 10 meter longsor, ini yang berbahaya, sehingga harus kita perkuat tebing tersebut” lanjut Ady

Upaya dari Relawan gabungan adalah membuat tebing penguat pada bagian longsoran dengan Tinggi 10 meter, Panjang 10 meter, lebar 10 meter dari Karung pemberian BPBD Kabupaten Banyumas, kemudian mengurug/menutup kolam ikan yang berada didepan rumah Pak Dorin dan di depan rumah Pak Jumadi. Sebab tipikial daerah bertebing, kemudian ada kolam ikannya ini merupakan salah satu penyebab potensi longsoran terjadi.

Dorin dan keluarga yang rumahnya terkena longsoran mengaku, sudah bangun tidur saat terjadi longsor, sehingga pada saat terdengar suara tanah yang gugur masuk ke dapur dan menempel ke dinding mereka kami langsung lari keluar menyelamatkan diri.

“Untung saja tidak sampai menjebol dinding kamar, sehingga kami bisa selamat sekeluarga” terang Dorin.
Editor: