LINGKAR BANYUMAS

Karang Taruna Kemutugkidul Gelar Donor Darah

Administrator, Suara Purwokerto |
Karang Taruna Kemutugkidul Gelar  Donor Darah

Suara Purwokerto - Karangtaruna Satria Taruna Jaya 8 Desa Kemutugkidul Kecamatan Baturraden, mengelar kegiatan donor darah Sabtu malam (7/10) di Balai Desa setempat. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan sejak tahun 2011.

Ketua Karangtaruna Sasmiko Adi mengatakan kegiatan donor darah merupakan kegiatan sosial, yang menjadi agenda rutin organisasi yang dipimpnya, dalam rangka membantu sesame, terutama yang membutuhkan darah. Pendonor sebagian besar anggota karangtaruna. 

“Kegiatan ini sudah berjalan lebih dari 6 tahun, dan selalu mendapat tanggapan positif, baik dari anggota maupun masyarakat Kemutugkidul, hal ini terbukti dengan hadirnya puluhan warga, walaupun yang berhasil diambil darahnya hanya sebanyak 19 orang,” katanya.   

Miko sengaja memilih pelaksanaan donor darah dilaksanakan pada malam hari, mengingat sebagian besar anggotanya adalah pekerja. Untuk menambah peran serta warga pihaknya berencana menggandeng PMI Kecamatan dalam sosialisasi pada pertemuan lembaga baik RT, PKK dan lainya, agar keikutsertaan masyarakat semakin bertambah 

“Kegiatan donor darah merupakan kegiatan sosial kemanusiaan, sehingga perlu peran serta dan keterlibatan masyarakat dalam pelaksanaan. Dengan menjadi pendonor, secara tidak langsung mereka adalah orang yang peduli, karena darah mereka sangat dibutuhkan oleh mereka yang sakit”, tambahnya.

Kusworo salah satu pendonor mengatakan dirinya telah mendonorkan darahnya sebanyak 15 kali. Selama kegiatan dirinya mengaku sering tidak bisa mengkuti karena belum pulang kerja atau tidak berada dirumah.

“Kalau dirumah saya pasti datang ke KDDS untuk mendonorkan darah, karena itulah yang bisa saya lakukan untuk membantu sesama dan semoga menjadi ladang ibadah, karena kalau sedekah dengan harta saya belum mampu. Semoga bermanfaat untuk orang yang membutuhkan,” katanya   

Ketua PMI Kecamatan Baturraden Parsito menyebut KDDS Karangtaruna Kemutugkidul merupakan salah satu KDDS yang konsisten melakukan kegiatan secara berkala. Namun peserta kurang banyak, maka pihaknya siap membantu melakukan sosialisasi, agar pendonor semakin bertambah kedepannya.
Editor: