LINGKAR BANYUMAS

Bupati Banyumas Pantau Harga Kebutuhan Pokok

Tommy, Suara Purwokerto |
Bupati Banyumas Pantau Harga Kebutuhan Pokok

Suara Purwokerto -  Banyumas, Achmad Husein beserta Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Banyumas, melakukan inspeksi mendadak (sidak) di beberapa pasar tradisional di Kabupaten Banyumas. Pasar yang sempat ditinjau bupati antara lain Pasar Manis Purwokerto, Pasar Sokaraja dan Pasar Ajibarang 
Dari hasil pantauan, sejumlah kebutuhan pokok di pasar tersebut ada kecenderungan merangkak naik. Dipasar Manis dan Pasar Sokaraja, kenaikan tertinggi terjadi pada harga bawang putih jenis kating dikisaran Rp.85.000/Kg. Hal sebaliknya terjadi di Pasar Ajibarang, dimana harga bawang putih mengalami penurunan, setelah sempat naik dikisaran Rp.85.000/kg kembali ke kisaran Rp.65.000/kg. 
Bupati Banyumas Achmad Husein, mengatakan kenaikan harga terjadi karena meningkatnya permintaan masyarakat, kalau untuk bawang putih Bupati berjanji akan memantau gudang distributor bawang putih. Dengan pantauan tersebut, akan diketahui penyebab kenaikan harga bawang putih jenis cating. Menurut Bupati kalau stoknya sedikit wajar harga naik, tapi kalau stok banyak, itu yang patut dicurigai. 


Di Pasar Manis dan Pasar Sokaraja, harga bawang putih jenis cating sudah mencapai Rp 80 ribu per kilogram, dan harga ini jadi harga tertinggi di jawa Tengah,ujarnya. 

Sedangkan harga daging sapi masih relatif sama, belum ada kenaikan, bahkan untuk daging ayam pedaging malah turun. Demikian halnya sayura-sayuran termasuk cabai. Menurut Bupati hal ini karena petani mulai panen.

Dan untuk mengantisipasi naiknya harga daging, Pemkab dan TPID Banyumas akan bekerjasama dengan Bulog Banyumas untuk menyelenggarakan operasi pasar

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banyumas Banyumas, Yunianto memperkirakan kenaikan harga-harga kebutuhan pokok di Banyumas menjelang lebaran ini, pasti akan terjadi hal tersebut karena kebutuhan masyarakat meningkat.


Di Pasar Ajibarang Harga Bawang Putih Turun
 
Harga bawang putih jenis kating di Pasar Ajibarang Banyumas, setelah sepekan kemarin sempat melonjak tajam, hari ini menunjukan tren penurunan. 

Wakem salah seorang pedagang kepada Bupati Banyumas Achmad Husein yang sedang sidak harga pasar nenuturkan, bahwa pasokan baru pada hari ini, harga bawang putih mulai turun dari distributor. 

Mulai hari ini, disini (Pasar Ajibarang) harga bawang putih cating semula Rp 85.000/kg turun ke kisaran Rp 65.000/kg,,katanya
Editor: