Lingkar Banyumas

Pencanangan Kampung KB di Banyumas Berlanjut

Rabu, 8 Maret 2017 17.02

Suara Purwokerto -  Pencanangan kampung Keluarga Berancana (KB) di desa-desa Wilayah Kabupaten Banyumas terus berlanjut. Kali ini pencanangan kampung KB Tingkat Desa dilaksanakan di RW 6 Grumbul Pucung Desa Karangbawang, Kecamatan Ajibarang, oleh Bupati Banyumas Ir Achmad Husein bersama Ketua Tim Penggerak PKK Ny Erna Husein, Rabu (9/3). Hadir dalam acara tersebut, Sekretaris Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Benrencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKB3A) Kabupaten Banyumas, Camat Ajibarang bersama Danramil dan Kapolsek serta, Jajaran PL KB, PKK Desa dan masyarakat desa Karangbawang.
Kepala Desa Karangbawang Budi Supraptono, SE, mengatakan, bahwa di RW 06 terdapat lebih dari 200 KK, terdapat 52 pasangan usia subur, yang masih belum melaksanakan KB.

Pencanangan kampong KB di RW 06 diharapkan menjadi motivasi semua elemen untuk bersama-sama menjadikan RW 06 menjadi keluarga yang lebih sejahtera di kemudian hari melalui program KB dan program lain yang terkait dengan peningkatan keluarga sejahtera, kata Budi.. 

Sedangkan Bupati Banyumas mengatakan kampung KB menjadi salah satu inovasi strategis untuk dapat mengimplementasikan kegiatan-kegiatan prioritas program kependudukan.baik itu program  KB maupun Pembangunan Keluarga secara utuh di lapangan.
Kampung KB merupakan salah satu bentuk / model miniature pelaksanaan total program Kependudkan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) secara utuh yang melibatkan seluruh bidang dan mitra kerja instansi terkait sesuai kebutuhan dan kondisi wilayah, serta dilaksanakan di lingkungan terendah,  terangnya.
 Kampung KB, dikelola dan diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat. Dalam hal ini dilaksanakan guna memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat, untuk memperoleh pelayanan total program KB. 

Itu dilakukan sebagai upaya mewujudkan keluarga yang berkualitas, agar mampu mewujudkan sumber daya manusia (SDM) unggul dan kehidupan keluarga yang berkualitas, tenteram dan sejahtera. Sehingga Program ini menjadi urgen dilakukan, mengingat jumlah penduduk semakin bertambah dari waktu ke waktu, lanjut Bupati.
 Bupati menjanjikan akan memberi bantuan kepada warga kurang mampu, masing-masing lima anak ayam kampung, untuk 120 orang. “Nantinya mohon dapat dipelihara agar menjadi besar, dari 5 ayam ini setelah besar dikembalikan 1 untuk digulirkan ke RW lain,” kata Bupati.

Pencanagan ditandai dengan pemukulan Gong uruttan dari Ketua TP PKK Desa, Kecamatan, Kabupaten. Kades,, Camat dan Muspika diakhiri oleh Bupati Banyumas. 

Penulis: Tommy

Editor: ANDYMERDEKA

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX