Lingkar Banyumas

Ratusan Bidan PTT Lolos Seleksi CPNS

Sabtu, 25 Februari 2017 23.45

Suara Purwokerto — Sebanyak 242 bidan pegawai tidak tetap (PTT) di Kabupaten Banyumas, lolos tes seleksi CPNS atau Aparatur Sipil Negara (ASN). Sedangkan 40 lainya tidak lolos, karena faktor usia yang sudah di atas 35 tahun.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan Diklat (BKDD) Kabupaten Banyumas, Achmad Supartono mengatakan, bidan PTT dari Banyumas yang ikut dipanggil seleksi tes CPNS melalui jalur Kementerian Kesehatan, sebanyak 282 orang. Namun yang lolos hanya, 242 orang. Sedangkan sisanya tidak lolos dan masuk dalam pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (P3K).

“Yang lolos seleksi karena usianya memenuhi syarat maksimal sampai 35 tahun. Yang usia di atas itu tidak lolos” katanya kemarin.

Partono menambahkan sesuai instruksi Kemenkes, mereka yang tidak lolos CPPNS, tetap diminta mengabadi menjadi pegawai dengan perjanjian kerja. Untuk sementara mereka diminta agar tetap bekerja sebagai PTT dengan diberikan insentif atau honor dari pemerintah pusat (Kemenkes).

“Jadi ini solusi yang sangat bijaksana dari pemerintah pusat, baik yang diterima akan diproses CPNS. Dan yang tidak pun, tenang saja, bekerjalah yang se-optimal mungkin,” ujarnya.

Bidan PPT yang dinyatakan lolos, katanya, saat ini masih menunggu pengangkatan dan Nomor Induk Pegawai (NIP). Mereka nanti akan ditempatkan di seluruh wilayah yang ada di Kabupaten Banyumas, dan tidak akan di pindah dalam satu lokasi sebelum lima tahun.

Menurutnya, untuk pengangkatan terhitung 1 Maret 2017 mendatang. Setelah resmi menjadi PNS, sistem penggajian ke depan, bakal diserahkan ke daerah.

“Konskwensinya, kata dia, dana alokasi umum (DAU) untuk Banyumas ditambah, karena ada tambahan PNS lagi,” katanya.

Penulis: Tommy

Editor:

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX