Lingkar Banyumas

Pramuka Ikut Tangani Bencana Tambakl

Jumat, 4 November 2016 08.27

BANYUMAS Kamis (3/11/2016) : Hujan deras yang mengguyur Wilayah Kecamatan Tambak menyebabkan beberapa titik longsoran dan gerakan tanah yang terjadi di Desa Watuagung Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas. Tercatat di Grumbul Siwukan terjadi gerakan tanah dibelakang rumah Ibu Parni (51 th) RT 07 RW 10. Tanah gerak mengakibat bangunan rumah milik ibu Parni retak/ambles dengan Ukuran 100 M melingkar. Selain itu, gerakan tanah tersebut juga 6 rumah terancam. Sementara Longsor juga terjadi di Grumbul Siwarak yang mengakibatkan menutup jalan akses menuju ibu kota kecamatan Tambak.

Atas kejadian tersebut Satgas Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas, bersama dengan TAGANA Kab. Banyumas, Relawan Mahameru, TNI dan Masyarakat Kamis (3/11/2016) langsung bergerak dan membersihkan longsoran yang menutup akses jalan tersebut. Selama setengah hari, Tim Gabungan bahu membahu membersihkan material longsoran. Akhirnya pada pukul 12.30 WIB, longsoran yang menutul akses jalan di Grumbul Siwarak dapat dibuka kembali untuk lalu lintas masyarakat.

Waka V Bidang ABDIMAS HUMAS Agus Nur Hadi mengapresiasi apa yang telah dilaksanakan oleh Pramuka Peduli dan segenap relawan lainnya, "Terimakasih pada para Relawan yang telah dengan sukarela dan hati yang tulus berkenan mendharmabaktikan segenap pikiran dan tenaganya guna membantu masyarakat yang tertimpa bencana. Karena hal ini, merupakan Tugas Utama Pramuka Peduli yakni penanganan kejadian bencana. Hadirnya para Anggota Pramuka ditengah - tengah masyarakat yang sedang dalam kondisi tertimpa musibah, dengan demikian minimal Pramuka ikut berkontribusi membantu Pemerintah dan masyarakat dalam upaya penanganan bencana." pungkas Agus.

Penulis: Tommy

Editor:

Berita Terkait

Copyright ©2024 Suara Purwokerto. All Rights Reserved

Version: 1.23.3 | Build ID: FHBRa1vRFd-dgFqX1RoWX